//
Menu

26 Okt 2020, 16:59 WIB

Sumpah Pemuda ke-92 Sebentar Lagi, Ini Panduan dan Logonya!

CAPTION :Logo Sumpah Pemuda 2020. | Sumber Foto:Kemenpora

SUKABUMIUPDATE.com -  Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 akan jatuh pada Rabu (28/10/2020), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga telah menerbitkan panduan desain materi publikasi Sumpah Pemuda yang ke-92 ini.

Dilansir dari Tirto.id, logo HSP ke-92 menggunakan perpaduan warna yang beragam, hal ini melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, suku, ras, dan bahasa.

Warna biru pada logo yang ada melambangkan lautan dan warna hijau melambangkan hutan/pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) negeri. 

Logo yang dimunculkan menampilkan dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Inonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun. 

Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat bersatu dan bangkit untuk melawan COVID-19. 

Sementara pemilihan huruf Montserrat Bold dan Righteous memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif.

Ikrar Sumpah Pemuda sendiri dicetuskan pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda II dan isinya memiliki makna yang mendalam bagi sejarah bangsa Republik Indonesia, yakni bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia. 

Isi Sumpah Pemuda Dalam Kongres Pemuda II tersebut, para peserta bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda, berikut isinya: 

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. 

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

SUMBER: Tirto.id

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satgas penanganan Covid-19 Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Rabu malam tadi (2/12/2020) sekira pukul 22.00 WIB, ikut membantu proses pemakamanan dengan protokol kesehatan di TPU (tempat pemakaman umum)...

SUKABUMIUPDATE.com - Debenhams, department store asal London, Inggris menutup permanen gerainya setelah Arcadia Group mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Senin lalu. Arcadia Group sendiri tercatat memiliki lebih dari 2.500 gerai...

SUKABUMIUPDATE.com - Sesosok mayat berjenis kelamin laki-laki ditemukan di area mushola SPBU Lodaya, Jalan Raya Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (2/12/2020) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Parlemen Jepang telah mengeluarkan Undang-undang untuk memberikan vaksin Covid-19 seluruh warga negara dengan biaya yang ditanggung pemerintah pusat. Dilansir dari Tempo.co, Undang-undang tersebut dikeluarkan setelah majelis tinggi parlemen...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya