Light Dark

Libur Panjang, Doni Monardo Ajak Masyarakat Menanam Pohon

Nasional | 22 Oct 2020, 16:00 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk beraktivitas lingkungan selama periode libur panjang, 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020.

"Contoh musim hujan bisa mencari bibit pohon tertentu untuk ditanami," kata Doni dalam diskusi di akun Youtube BNPB, Rabu, 21 Oktober 2020.

Selain menanam, Doni menyarankan agar masyarakat di RT/RW masing-masing membersihkan saluran air dan gorong-gorong untuk mengurangi risiko Curah Hujan tinggi.

Doni juga mengimbau kepada masyarakat yang berlibur untuk mendapatkan informasi utuh tentang cuaca. Sebab, di tengah menghadapi La Nina, akan berisiko jika bepergian tanpa tahu informasi cuaca.

Menurut Doni, berada di alam terbuka sekali pun bukan tanpa risiko. Jika ada angin kencang, cabang pohon yang tumbang juga bisa membahayakan nyawa, termasuk ketika di perjalanan. Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat bergotong royong memangkas ranting dan cabang pohon yang mudah patah.

"Aktivitas seperti ini akan membuat kita merasa puas pada diri kita karena membantu alam lingkungan. Termasuk ketika terjadi sesuatu yang tidak menimbulkan kerugian," kata Doni Monardo.

Sumber: Tempo.co

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Reporter