//
Menu

20 Okt 2020, 12:53 WIB

Pilkada 2020, Ada 16.468 Laporan Prokes dan 719 Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Fritz Edward Siregar. | Sumber Foto:Deden Abdul Aziz

SUKABUMIUPDATE.com - Kampanye tatap muka masih menjadi pilihan dan banyak dilakukan oleh para pasangan calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pada Pilkada Serentak 2020. 

Hal itu diungkapkan Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Fritz Edward Siregar, di sela-sela kunjungannya ke Kantor Bawaslu Kabupaten Cianjur, Senin (19/10/2020). 

"Kampanye online atau daring masih jarang digunakan pasangan calon. Kampanye terbuka tatap muka terbatas masih menjadi favorit calon dalam melaksanakan kampanye," jelas Fritz. 

Berdasarkan data yang dihimpun, lanjut Fritz, ada sebanyak 16.468 laporan pelanggaran kampanye tatap muka terbatas dalam 10 hari pertama pelaksanaan kampanye di Pilkada Serentak 2020. 

"Kalau untuk pembubaran kampanye yang melanggar protokol Covid-19 di 10 hari pertama dilakukan sebanyak 48 kali dan di 10 hari kedua dilakukan sebanyak 35 kali," katanya. 

Fritz juga mengatakan ada 719 dugaan pelanggaran netralitas ASN dan sebanyak 284 pelanggaran ASN dilakukan di media sosial. 

"Sebagian sudah ada yang telah dilimpahkan ke Komisi ASN, untuk proses masih terus kami kawal. Seperti apa sanksi yang diberikan," ujarnya.

Reporter : DEDEN ABDUL AZIZ
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Api Indonesia membuka pemesanan tiket kereta api jarak jauh dari Jakarta untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi 1...

SUKABUMIUPDATE.com - Adjo Sardjono, calon Bupati Sukabumi nomor urut 1 dirawat di RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2020). Dalam beberapa foto yang diterima sukabumiupdate.com, Minggu malam, memperlihatkan Adjo sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020 yang diteken pada 26 November 2020 secara resmi membubarkan 10 lembaga nonstruktural. 10 lembaga tersebut antara lain Dewan Riset Nasional, Dewan...

SUKABUMIUPDATe.com - Petunju legendaris Mike Tyson berjanji untuk naik ring lagi setelah duel delapan ronde melawan Roy Jones Jr di Staples Center Los Angeles, Sabtu berakhir imbang. "Saya bisa melakukan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya