Menu

18 Okt 2020, 22:00 WIB

Pollycarpus Meninggal, Penyelidikan Kasus Munir Diminta Tak Boleh Berhenti

Mantan terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib, Pollycarpus Budihari Priyanto meninggal. | Sumber Foto: TEMPO/Prima Mulia

SUKABUMIUPDATE.com - Komite Aksi Solidaritas untuk Munir menyatakan meninggalnya Pollycarpus Budihari Priyanto tak boleh menghentikan penyelidikan lanjutan mengenai pembunuhan aktivis HAM tersebut. Komite menilai ada cukup banyak bukti untuk melanjutkan penyelidikan kasus tersebut.

“Penyelidikan kasus Munir perlu terus dilakukan mengingat dari berbagai bukti di persidangan dan beragam bukti lainnya, pengungkapan kasus Munir tetap dapat dilakukan, walaupun Pollycarpus telah meninggal,” kata Sekretaris Jenderal KASUM, Bivitri Susanti lewat keterangan tertulis, Ahad, 18 Oktober 2020, dikutip dari Tempo.co.

Bivitri mengatakan kejahatan terhadap Munir bukan kejahatan biasa. Tetapi, persekongkolan jahat yang diduga melibatkan banyak pihak, sehingga aktor lain di luar Pollycarpus perlu diadili dan dihukum. Menurut Bivitri, masalah pengungkapan pembunuhan Munir bukan pada bukti, tapi pada kemauan politik pemerintah untuk mengungkap kasus ini.

“Janji pemerintah yang berkomitmen menyelesaikan kasus Munir hanya menjadi janji indah yang enak didengar, tetapi tidak pernah terealisasikan,” kata dia.

Komite mendesak pemerintah untuk segera menuntaskan kasus ini. Pengungkapan kasus pembunuhan Munir merupakan tangungjawab konstitusional negara yang perlu diselesaikan hingga tuntas.

Pollycarpus meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit selama 16 hari. Mantan terpidana kasus pembunuhan Munir itu meninggal diduga karena terpapar Covid-19.

Bivitri meminta pemerintah menyelidiki penyebab kematian Pollycarpus. Sebab, sebagai pelaku lapangan pembunuhan Munir, Pollycarpus ditengarai memiliki banyak informasi terkait kasus pembunuhan Munir.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran pelatih tim Persib Bandung menyesuaikan program para pemainnya dengan menggelar latihan bersama hanya tiga kali dalam sepekan untuk merespons kompetisi Liga 1 Indonesia yang hingga saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk beraktivitas lingkungan selama periode libur panjang, 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. "Contoh musim hujan bisa mencari bibit...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengajak para netizen bijak memanfaatkan media internet demi kebaikan bersama. Jangan sampai internet dijadikan ajang menebar benih kebencian, fitnah, hingga permusuhan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman menyatakan pihaknya mulai menyusun persiapan mitigasi pelaksanaan haji dan umrah pada 2021.  "Perintah Menag, untuk segera melakukan konsolidasi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya