Menu

10 Agu 2020, 11:00 WIB

Tito Karnavian Paparkan 3 Skenario Covid-19, Berharap Virus Melemah

Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. | Sumber Foto:.

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut ada tiga pilihan skenario menyelesaikan pandemi Covid-19. Pertama ialah vaksin Covid-19 ditemukan.

Dilansir dari Tempo.co, opsi pertama ini sedang diupayakan seluruh negara termasuk Indonesia yang terlibat dalam uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 dari Sinovac, Cina. Kedua, menurut dia, terjadinya herd immunity (kekebalan kelompok). 

Dalam kekebalan kelompok ini setidaknya harus ada dua pertiga dari populasi mengalami kekebalan alami karena tertular penyakit atau virus.

Skenario kedua ini, kata Tito, memungkinkan banyak sekali korban seperti pandemi Flu Spanyol yang terjadi pada 1918 dan memakan korban lebih dari 50 juta jiwa. "Jadi herd immunity tidak kita inginkan skenario itu," kata Tito dalam webinar yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) bertema 'Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19', Minggu malam, 9 Agustus 2020.

Skenario terakhir jika vaksin Covid-19 tidak ditemukan, kata Tito, yakni berharap virus Corona melemah sendiri. "Kita percaya virusnya berasal dari Tuhan, dan Tuhan juga yang bisa menyelesaikannya," ujar Mendagri. 

Menurut Tito Karnavian dalam kasus Spanish Flu Influenza yang terjadi adalah kombinasi antara herd immunity yang menimbulkan korban jutaan jiwa dan melemahnya virus. "Sampai hari ini kita alami yang namanya flu sebagai penyakit biasa," ujar Tito.

sumber: tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi, AKBP M Lukman Syarif mengimbau masyarakat agar tidak mudah mempercayai suatu informasi yang belum jelas kebenarannya. Hal itu disampaikan Lukman menyusul adanya dua pria yang diamankan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayah dari musikus indie Iksan Skuter, Yoso Wiguno, meninggal dunia pada Selasa (29/9/2020). Yoso Wiguno meninggal pada pukul 06.00 WIB di usia 80 tahun. Dilansir dari Suara.com, pada laman...

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi meminta warga tidak mempercayai isu atau kabar tentang pria menyerang melukai kyai atau ustaz di Parungkuda sukabumi. Polisi menyebut ada kesalapahaman warga karena dua pria yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Misteri alasan penangkapan dua pria di Kampung Susukan RT 03/07 di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi akhirnya terungkap.Warga mengakui jika kedua pria tersebut diamankan gara-gara masuk...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya