13 Klaster Covid-19 Baru Sebulan Terakhir: Secapa TNI AD-Pabrik

Jumat 10 Juli 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung menjadi klaster Covid-19 baru. Sebab, saat ini ada 1.262 siswa dan tenaga pengajar di sana yang positif Covid-19.

Dilansir dari tempo.co, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan hanya 17 orang dirawat karena memiliki gejala, seperti demam dan sesak napas. “Sisanya tanpa keluhan,” kata Yurianto, Kamis, 9 Juli 2020.

Beberapa hari sebelumnya, pabrik Unilever di kawasan industri Jababeka, Cikarang, juga menjadi klaster setelah 21 buruh terinfeksi Covid-19. Mereka kemudian menularkan virus Corona kepada 15 anggota keluarganya di rumah.

Berikut klaster-klaster yang muncul dalam satu bulan terakhir.

1. Klaster Perusahaan di Semarang

Sebanyak tiga perusahaan di Semarang, Jawa Tengah, menjadi klaster baru. Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan masing-masing ditemukan 47 kasus, 24 kasus, dan sekitar seratusan kasus positif. Penyebab munculnya klaster karena tidak ketiga perusahaan tidak menerapkan protokol kesehatan dalam lingkungan kerja.

2. Klaster Jenazah di Jawa Timur

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan klaster jenazah menjadi penyebab kasus Covid-19 di Jawa Timur meningkat. Klaster ini berasal dari masyarakat yang nekat menjemput paksa jenazah.

3. Klaster Kepolisian dan Panti Jompo di Rembang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada transmisi lokal di klaster kepolisian dan panti jompo di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sekitar 30 lansia dinyatakan positif Covid-19, sedangkan di klaster kepolisian terdapat 3 anggota yang positif.

4. Klaster Pasar Cileungsi

Sebanyak 40 orang dari klaster yang berada di Kabupaten Bogor ini terkonfirmasi positif. Pasar Cileungsi menjadi klaster baru setelah ada beberapa pedagang terinfeksi virus Corona dan menularkannya kepada anggota keluarganya.

5. Klaster Desa Tanjung Hataran, Sumatera Utara

Sebanyak 200 warga Desa Tanjung Hataran, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun melakukan rapid test. Sebanyak 51 di antaranya menunjukkan hasil reaktif, sehingga menjalani pemeriksaan swab. Hasilnya, 31 orang dipastikan positif Covid-19.

6. Klaster 12 Pasar di DKI

Sebanyak 12 pasar di DKI menjadi klaster penyebaran Covid-19 setelah Pemprov DKI melaksanakan tes swab massal di 33 pasar tradisional. Dari 12 pasar tersebut, ada 79 pedagang yang positif Covid-19.

7. Klaster Keluarga di Malang

Klaster ini mendominasi peningkatan jumlah kasus positif di Kota Malang, Jawa Timur. Sebanyak 12 pasien dari klaster ini dirawat di RSU setempat. Mereka dari klaster keluarga Binor, keluarga Kedungkandang, dan klaster keluarga Mergosono.

8. Klaster Keluarga MS di Aceh

Klaster ini muncul setelah satu keluarga menjalani uji swab. Hal ini berawal dari rapid test yang dilakukan di kantor DL, istri MS, dan dinyatakan reaktif. MS dan DL kemudian tes swab dan hasilnya positif. Ketiga anak mereka juga dinyatakan positif. Gugus Tugas Covid-19 Aceh mencatat ada 13 orang terkonfirmasi positif dalam klaster penularan lokal keluarga MS.

9. Klaster Bank BUMN di Tulungagung

Sumber penularan di klaster ini dari seorang karyawan, FW, yang melakukan perjalanan ke Surabaya saat Idul Fitri. Pegawai marketing ini sempat izin tidak masuk dan diketahui terinfeksi Covid-19. Dari hasil penelusuran, sebanyak 13 orang tertular dari FW.

10. Klaster Pasar di Kota Palembang

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Palembang melakukan uji swab terhadap 59 orang di pasar tersebut. Hasilnya, 33 orang yang merupakan pedagang, pengelola pasar, dan warga setempat terkonfirmasi positif Covid-19.

11. Klaster Singosari

Jumlah kasus positif di Kabupaten Malang terus meningkat setelah ditemukan warga Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, yang positif Covid-19. Kecamatan tersebut pada Juni lalu ditetapkan sebagai zona merah.

12. Klaster LP Wanita Sulawesi Selatan

Hasil uji swab di lembaga pemasyarakatan wanita di Gowa menyatakan ada 48 orang yang positif, pada Juni 2020. Sebanyak 8 orang di antaranya kemudian dirujuk ke rumah sakit.

13. Klaster Pedagang Ikan di Yogyakarta

Klaster Pedagang Ikan menjadi yang kelima di Yogyakarta. Sebelumnya ada Klaster Covid-19 dari Jemaah Tabligh Sleman, Klaster Jemaah Tabligh Gunungkidul, Klaster GPIB, dan Klaster Indogrosir.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:35 WIB

DPRD Kecam Kasus Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Dugaan penelantaran terjadi saat petugas kesehatan mengantar Ayu ke RSUD Jampangkulon menggunakan ambulans karena akan melahirkan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih20 April 2024, 22:17 WIB

Setelah Demokrat, Deden Deni Wahyudin Daftar Maju Pilkada Sukabumi Lewat PAN

Deden mengatakan keikutksertaannya dalam proses penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati Sukabumi melalui partai politik merupakan ikhtiar menjemput amanah memajukan Kabupaten Sukabumi.
Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin mendaftar ke PAN, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:08 WIB

Ingatkan Soal Kesehatan, DPRD Tanggapi Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tes lari bersama peserta lain di Lapang Cangehgar.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber