BKN Masih Kaji Waktu Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2020

Minggu 05 Juli 2020, 04:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi tahun 2019 rencananya bakal dimulai pada akhir Agustus 2020 hingga awal Oktober 2020. Meski demikian, pemerintah masih mengkaji tanggal pasti pelaksanaan seleksi ini.

Mengutip Tempo.co, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) saat ini juga sedang menyiapkan Surat Edaran (SE) baru. Surat ini akan mengatur protokol kesehatan dan tata cara pelaksanaan SKB di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Jadi nanti (SE) terbit, bersamaan dengan pengumuman kapan pelaksanaan SKB dilakukan," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN Paryono saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 5 Juli 2020.

Seleksi CPNS formasi tahun 2019 ini seharusnya selesai pada Mei lalu. Namun tahapan seleksi tertunda karena pandemi Covid-19. Adapun tahapan terakhir yang sudah digelar adalah ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020.

SKD CPNS dilakukan di 446 titik lokasi ujian dan diikuti oleh 3.670.821 peserta atau 91,26 persen dari total peserta yang terdaftar. Adapun untuk peserta SKB ini, kata Paryono, jumlahnya yaitu 336.487 orang.

Tanggal pasti pelaksanaan tes CPNS untuk Seleksi Kompetensi Bidang belum ditentukan. Sebab, BKN harus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan untuk mempersiapkan protokol kesehatan pelaksanaan.

Meski demikian, ada tes sekolah kedinasan yang bakal dimulai sebelum pelaksanaan SKB. Paryono mengatakan uji coba protokol kesehatan pun akan coba diuji saat tes ini.

Selama ini, SKB juga dilakukan langsung di beberapa lokasi. Saat ditanya kemungkinan untuk melakukan SKB secara online di rumah peserta masing-masing, Paryono mengatakan ada banyak kondisi yang harus menjadi pertimbangan.

Pertama jaringan internet yang ada di rumah peserta, apakah stabil atau tidak. Kedua, apakah tes online di rumah dikerjakan oleh peserta itu sendiri, atau orang lain. Sehingga, sejauh ini baru memungkinkan untuk melaksanakan seleksi seperti biasa yaitu di dalam ruangan bersama, namun dengan protokol kesehatan Covid-19.

Salah satu lokasi seleksi adalah Kantor BKN sendiri di Jakarta Timur. Saat SKD, kata Paryono, daya tampung peserta di kantornya mencapai 100 orang. Sehingga, bisa diatur agar menjadi separuhnya yaitu 50 orang saja. "Kalau masih mau 100 orang, bisa dipindahkan ke ruangan lain," kata dia.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)