Menu

04 Jul 2020, 00:00 WIB

KPK: Bupati Kutai Timur dan Istri Jadi Tersangka Kasus Suap

Bupati Kutai Timur, Ismunandar. | Sumber Foto: kutaitimurkab.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menetapkan Bupati Kutai Timur Ismunandar menjadi tersangka kasus suap proyek infrastruktur. Istrinya, Encek UR Firgasih, selaku Ketua DPRD Kutai Timur, juga berstatus tersangka.

"Diduga terjadi penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di Kutai Timur," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konfernsi pers di kantornya malam ini, seperti dikutip dari Tempo.co, Jumat, 3 Juli 2020.

Selain Bupati Kutai Timur Ismunandar dan Encek, KPK juga menetapkan tiga pejabat Pemda Kutai Timur lainnya menjadi tersangka.

Mereka adalah Kepala Dinas PU Aswandini, Kepala Bapenda Musyaffa, dan Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah.

KPK juga menetapkan tersangka untuk dua pengusaha swasta, yakni Aditya Maharani dan Deky Aryanto.

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Samarinda dan Sanggata, Kutai Timur, pada Kamis, 2 Juli 2020, KPK menangkap 16 orang dan menyita sejumlah barang bukti.

Barang bukti kejahatan itu berupa uang tunai Rp 170 juta, sejumlah buku tabungan berisi Rp 4,8 miliar, serta deposito senilai Rp 1,2 miliar.

KPK menduga para pejabat itu, termasuk Bupati Kutai Timur Ismunandar, menerima suap dari dua pengusaha swasta kontraktor proyek infrastruktur, yakni Aditya Maharani dan Deky Aryanto.

Uang suap diberikan untuk menjamin mereka mendapatkan proyek di Kabupaten Kutai Timur. Kedua kontraktor itu pun ditetapkan menjadi tersangka pemberi suap.

Menurut Nawawi, KPK awalnya menerima informasi dari masyarakat akan terjadinya dugaan korupsi. Tim KPK lantas melakukan OTT secara paralel di Jakarta, Samarinda dan Sanggata, Kutai Timur.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut ada tiga pilihan skenario menyelesaikan pandemi Covid-19. Pertama ialah vaksin Covid-19 ditemukan. Dilansir dari Tempo.co, opsi pertama ini sedang diupayakan seluruh...

SUKABUMIUPDATE.com - Wafatnya Wakil Ketua Umum DPP PPP Reni Marlinawati pada Jumat (7/8/2020), menyisakan duka yang mendalam bagi berbagai pihak, termasuk gerakan perjuangan Palestina HAMAS. Dalam secarik surat yang dikirimkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 berimbas terhadap berbagai sektor termasuk ekonomi kreatif. Tak ingin terus terpuruk, di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Sukabumi yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang vonis terhadap mantan Pemimpin Redaksi Banjarhits, Diananta Putra Sumedi, akan digelar di Pengadilan Negeri Kotabaru, Banjarmasin, Senin, 10 Agustus 2020. "Hari ini kemungkinan sekitar jam 12,"...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya