Menu

03 Jul 2020, 18:00 WIB

Realisasi Program Sejuta Rumah Baru Melambat Karena Pandemi

Program Sejuta Rumah | Sumber Foto:.

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan hunian pada program sejuta rumah tahun ini ditargetkan bisa mencapai 1,25 juta unit. Namun, akibat pandemi hingga 6 bulan berjalan, baru ada 234.619 unit yang terealisasi.

"Progres program sejuta rumah ini mengalami perlambatan karena pandemi. Harapannya Juli sudah mulai ada perkembangan positif," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid kepada Bisnis, Jumat, 3 Juli 2020.

Dilansir dari tempo.co, berdasarkan data program sejuta rumah sampai 22 Juni 2020, dari total 234.619 unit rumah yang terbangun, 185.349 di antaranya untuk hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk MBR, perinciannya dari kementerian dan lembaga (K/L) membangun 50.863 unit, pemda 17.230 unit, pengembang rumah tapak 114.611 unit, dan tanggung jawan sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) 2.645 unit.

Sementara itu, dari segmen non-MBR sudah terbangun 49.270 unit rumah dengan perincian 45.809 unit rumah tapak dan 3.641 unit rumah susun yang dibangun oleh pengembang.

"Dari total PSR [program sejuta rumah] tahun ini, 79 persen untuk MBR dari target hanya 70 persen, dan 21 persen oleh non-MBR dari target 30 persen," kata Khalawi.

Adapun, pembangunan rumah terbanyak masih didominasi Pulau Jawa. Di provinsi lain seperti Aceh, Riau, dan Nusa Tenggara Barat terbangun lebih dari 10 ribu unit rumah untuk tiap-tiap provinsi.

Dia menambahkan bahwa kementerian juga sudah menyiapkan tim untuk percepatan progres pembangunan PSR.

sumber: tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang MotoGP Ceko 2020, Valentino Rossi siap memecah rekor baru. Kira-kira rekor apalagi nih? Pembalap Monster Energy berpotensi untuk menjadi pembalap pertama yang meraih 200 podium di kelas...

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City dilaporkan akan mendatangkan setidaknya lima pemain selama bursa transfer musim panas dan ingin merampungkan aktivitas jual beli pemain di awal musim baru pada 12 September,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki Fahmi Mubarok melalui Kanit Laka Iptu Nandang Herawan mengatakan, tak ada pengalihan arus akibat dampak perbaikan jembatan tersebut.  "Tidak ada pengalihan arus, tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada hari Selasa kemarin. Saking besarnya, ledakan di Beirut terasa hingga jarak 150 mil (240 kilometer) dari lokasi kejadian. Melansir Tempo.co,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya