Pertama Kalinya, China Laporkan 1.300 Kasus Virus Corona Tanpa Gejala

Jumat 03 April 2020, 06:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah kebangkitan masyarakat China dari wabah virus corona, tersimpan ketakutan baru tentang munculnya gelombang pandemi kedua yang mungkin jauh lebih berbahaya dari sebelumnya.  

Dilansir dari kumparan.com, 1 April 2020, Otoritas China mengumumkan 1.300 kasus virus corona asimtomatik, atau kasus tanpa gejala. Data tersebut pertama kali dikeluarkan saat kekhawatiran publik memuncak akan munculnya kasus positif COVID-19 tanpa gejala. 

Pejabat kesehatan China juga melaporkan adanya imported case pertama yang berasal dari luar negeri di Wuhan, tempat pertama kali muncul virus SARS-CoV-2 pada akhir tahun lalu, sehingga meningkatkan kekhawatiran akan adanya infeksi virus yang dibawa dari luar negeri ke China. Hal ini terbukti dari 36 kasus yang dilaporkan pada Rabu (1/4), di mana 35 di antaranya ternyata diimpor dari luar negeri.  

Adapun otoritas kesehatan China mulai melaporkan kasus-kasus tanpa gejala COVID-19 adalah upaya untuk menyadarkan publik agar senantiasa berhati-hati, karena seseorang bisa menyebarkan virus tanpa mengetahui bahwa dirinya sudah terinfeksi virus corona.

Sebelumnya, China telah berhasil mengendalikan wabah SARS-CoV-2 yang menghantam wilayahnya selama kurang lebih 3 bulan. Mereka mulai mengurangi pembatasan perjalanan di zona-zona merah yang sebelumnya diisolasi. 

Belakangan, pemerintah China juga berencana akan mengakhiri lockdown yang selama ini diterapkan sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran. Namun, adanya kasus virus corona tanpa gejala telah mengurungkan niat pemerintah untuk mencabut aturan lockdown.  

Sebab, jika aktivitas kembali normal, tidak menutup kemungkinan bakal ada ribuan kasus baru COVID-19 yang menyebar melalui kegiatan sehari-hari. Ironisnya, orang-orang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi virus.   

Jumlah kasus asimtomatik yang terjadi di China diperkirakan jauh lebih banyak dari kasus yang sudah terkonfirmasi secara resmi. Menurut surat kabar South China Morning Post, dengan mengutip data yang tidak dipublikasikan, setidaknya ada 40.000 orang di China yang terinfeksi virus corona dengan tidak menunjukkan gejala.

Pekan ini, pemerintah China telah memerintahkan otoritas kesehatan untuk fokus menangani pasien COVID-19 asimtomatik. Ini dilakukan untuk meredam ketakutan masyarakat yang kembali muncul pasca-pandemi berkurang.

Otoritas kesehatan di provinsi Liaoning adalah yang pertama melakukan screening di wilayahnya untuk menemukan kasus asimtomatik. Hasilnya, pada Selasa (31/3), mereka menemukan 52 kasus virus corona tanpa gejala.  

Provinsi Hunan, melaporkan empat kasus virus corona asimtomatik. Semuanya merupakan pendatang dari luar negeri. Menindaklanjuti peristiwa ini, Komisi Kesehatan China mengatakan, semua orang positif COVID-19 tanpa gejala yang terdeteksi akan dikarantina selama 14 hari.  

Para ahli sepakat, pasien COVID-19 tanpa gejala bisa menyebarkan virus SARS-CoV-2 kepada orang lain. Kendati belum diketahui seberapa besar potensi penularannya. Menurut Zhong Nanshan, seorang pakar pernapasan China, pembawa asimtomatik setidaknya bisa menginfeksi 3 orang atau lebih saat mereka melakukan kontak.

Selain China, negara-negara lain juga banyak yang melaporkan kasus virus corona tanpa gejala, termasuk Korea Selatan dan Jepang. Hingga berita ini tayang, secara total kasus virus corona di China telah mencapai 81.000 kasus, di mana 3.305 di antaranya meninggal dunia. 

Sumber: Kumparan.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)