Jokowi Pilih Deputi Kemenpan RB Jadi Sekda Jawa Barat

Jumat 14 Februari 2020, 13:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah Jawa Barat.

“Dari tiga yang diajukan ternyata yang dipilih oleh Presiden adalah Pak Setiawan Wangsaatmaja, dan kelihatannya itu pilihan yang paling tepat untuk kebutuhan Jawa Barat hari ini,” kata dia selepas pelantikan Sekretaris Daerah Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jumat, 14 Februari 2020.

Melansir dari tempo.co, Setiawan Wangsaatmaja menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat Yerry Yanuar dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik yang dijaring lewat seleksi lelang jabatan. Tiga nama tersebut yang disodorkan kepada Jokowi untuk dipilih sebagai Sekretaris Daerah Jawa Barat, yang kosong setelah pejabat sebelumnya, Iwa Karniwa, ditahan KPK karena tersangkut kasus suap proyek Meikarta.

Ridwan pun mengungkapkan alasan dipilihnya Setiawan. “Salah satu poin yang dianggap Istana itu positif adalah, beliau mantan Deputi berkali-kali di Menpan RB, sehingga relasi Jawa Barat nanti dengan kementerian-kementerian punya hubungan yang jauh lebih lancar, dan lebih baik sehingga bisa mengakselerasi pembangunan dan lain sebagainya,” kata dia.

Selain itu, kata Ridwan, Setiawan bukan orang asing buat Jawa Barat. Sebelum menjabat sebagai Deputi Menteri  PANRB sejak 2013, Setiawan menduduki posisi Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jawa Barat. “Setelah tujuh tahun, kembali,” ujarnya.

Ridwan pun berpesan kepada Setiawan agar fokus dengan tugasnya. “Fokus saja pada pekerjaan, jangan hal-hal yang di luar tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi), seperti yang sebelumnya. Sehingga Jawa Barat harus kondusif tanpa ada dinamika-dinamika yang tidak perlu,” kata dia.

Salah satunya agar tidak terlibat politik praktis. “Biasanya kalau sudah terbawa dimensi lain, maka tidak konsentrasi. Nah itu yang akhirnya kita tidak maksimal,” kata Ridwan.

Ridwan pun meminta Setiawan membantu percepatan proyek-proyek nasional di Jawa Barat. “Yang sifatnya nasional, yang macet-macet, yang lelet-lelet, kita akselerasi,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyebutkan dua hal yang akan menjadi fokusnya. Pertama, reformasi birokrasi di Jawa Barat.

“Bagaimana penyederhanaan birokrasi, atau reformasi birokrasi ini bisa dijalankan di Jawa Barat. Karena reformasi birokrasi ini akhirnya memang pelayanan publik yang lebih baik,” kata Setiawan.

Sedangkan fokus keduanya adalah soal lingkungan. Setiawan memandang Jawa Barat yang memiliki jumlah penduduk besar. “Presure penduduk ini akan mengubah, atau menekan ke banyak hal, terutama pergeseran perubahan tata guna lahan dan sebagainya. Masalah lingkungan ini menjadi salah satu agenda yang perlu di kawal,” kata dia.

Menjawab permintaan Ridwan, Setiawan menyatakan tidak akan melibatkan diri dalam politik praktis. “Dalam Undang-Undang ASN, asas dari undang-undang dan kode etik kita, yang pertama ASN ini harus betul-betul netral. Jadi ini harus dipegang. Dan salah satunya, dalam menyusun itu saya terlibat, jadi saya inget betul bahwa kalau ASN sudah terlibat dalam politik praktis, itu akan susah,” kata dia.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)