Menu

14 Peb 2020, 19:00 WIB

BPS Proyeksi Jumlah Penduduk Indonesia 319 Juta Jiwa pada 2045

Petugas Sensus Penduduk 2010 melakukan pendataan warga di Kampung Rawa, Jakarta (1/5). | Sumber Foto:TEMPO/Subekti.

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pusat Statistik atau BPS memproyeksikan jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2045 mencapai Rp 319 juta jiwa. Dilansir dari tempo.co, Kepala BPS Suhariyanto menyebutkan, meski proyeksi itu sudah melalui proses perhitungan dengan metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan, sensus penduduk tetap harus dilakukan.

"Proyeksi harus di-update 5 tahun sekali," ucap Suhariyanto, di Gedung BPS, Jakarta, Jumat 14 Februari 2020. Ia menjelaskan, sensus penduduk terakhir dilakukan pada tahun 2010 dan SUSPAS (Survei Penduduk Antar Sensus) pada 2015. "Nanti kita update lagi 2020 dengan mempertimbangkan beberapa asumsi, jadi bukan ramalan." 

Suhariyanto menyatakan, BPS tidak sendiri dalam membuat proyeksi tersebut, melainkan berkolaborasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas dan United Nations Population Fund (UNFPA). Dengan adanya data penduduk yang akurat, pemerintah bisa menyiapkan strategi dalam membuat kebijakan agar tidak salah langkah.

"Kita harus sudah memikirkan apa yang akan terjadi dan harus dipikirkan dari sekarang. Jika tidak diantisipasi maka akan luar biasa jebloknya," ucap Suhariyanto.

Lebih jauh, ia berharap data kependudukan di Indonesia bisa mencontoh dengan Korea Selatan, walaupun di dalam negeri telah mempunyai Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai pemegang data penduduk utama. Namun data Negeri Gingseng tersebut sudah dinilai bagus dan akurat, sehingga bisa memudahkan dalam merencanakan kebijakan pemerintah.

Untuk memutakhirkan data saat ini, ujar Suhariyanto penggunaan teknologi digital dalam pengumpulan data dirasa mengefisienkan dibandingkan dengan cara konvensional. Berdasarkan hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 jumlah penduduk Indonesia pada 2019 sebanyak 267 juta, sedangkan untuk tahun diproyeksikan meningkat ke 269,6 juta jiwa.

Pemerintah tahun ini akan membuka sensus penduduk secara online melalui laman sensus.bps.go.id mulai 15 Februari 2020- 31 Maret 2020. Sedangkan untuk sensus secara wawancara atau langsung rumah ke rumah akan dilakukan pada 1-30 Juli 2020.

 

Sumber : tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - BPJS Ketenagakerjaan menyebutkan sampai saat ini masih ada perusahaan yang belum melaporkan upah karyawan yang sebenarnya, termasuk untuk keperluan program subsidi gaji bagi pekerja berpenghasilan di bawah...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI Tulus Abadi mengatakan salah satu faktor penyebab munculnya klaim-klaim obat anti Covid-19 adalah buruknya politik manajemen penanganan wabah...

SUKABUMIUPDATE.com - Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah buka suara soal pemberian tanda jasa untuknya dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurutnya, pemberian Penghargaan Bintang Mahaputera tersebut karena dedikasinya selama menjadi...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi hingga saat ini belum menerapkan sanksi denda uang bagi warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Kepala Satpol PP Kota Sukabumi Yadi Mulyadi mengatakan,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya