Arak Bali Resmi Dilegalkan Gubernur Koster

Minggu 09 Februari 2020, 11:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pada 5 Februari 2020 lalu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyosialisasikan Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Dilansir dari tempo.co, di dalamnya mengatur standar produksi hingga penjualan arak Bali dan berbagai minuman beralkohol tradisional yang beredar di Bali.

Tujuan dari Pergub itu dikeluarkan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Bali bersumber dari minuman fermentasi atau destilasi. Selain itu, mendorong adanya standarisasi produk sehingga menjamin keamanan dan legalitas.

General Manajer Hotel Infinity8 Bali, Mushin Anwar mengatakan, arak Bali masih perlu dipromosikan karena selama ini masih terkesan tradisional, “Arak Bali bisa bersaing dengan minuman beralkohol lainnya,” katanya, Jumat, 7 Februari 2020. 

Ia juga menilai, arak Bali perlu dikombinasikan dengan minuman lainnya, atau dicampur sehingga bisa menghasilkan rasa yang lebih beragam. “Konsumen minumnya harus bijaksana, jangan berlebihan,” ujar Mushin Anwar. 

Arak Bali juga telah masuk sebagai pilihan minuman Infinity8 Bali. Mushin Anwar berharap nantinya arak Bali bisa dilestarikan. “Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal,” ujarnya. 

Pada Pergub Nomor 1 Tahun 2020 juga menegaskan jenis minuman yang mendapatkan payung hukum selain arak adalah, tuak, brem, produk artisanal dan tuak atau brem untuk upacara ritual. Nantinya arak Bali yang diproduksi akan memiliki label. 

Untuk proses produksinya, pada Pergub ini diatur pada Pasal 7. Proses produksi dimulai dari pengerajin, selanjutnya dijual kepada koperasi. Setelah ada di koperasi, selanjutnya dijual kepada produsen. 

Produsen merupakan perusahaan yang memiliki izin usaha industri atau IUI dan beberapa izin lainnya. 

Produsen selanjutnya menjual arak Bali yang telah diolah sesuai dengan standard dan memiliki label kepada distributor. Distributor membawa minuman ini kepada sub-distributor hingga selanjutnya sampai pada tangan penjual langsung. 

Penjual langsung juga merupakan perusahaan yang memiliki kewenangan menjual arak Bali atau minuman lain hasil fermentasi atau destilasi, pada tempat yang telah ditentukan. 

Pada pasal 12 Ayat 1, Pergub ini mengatur penjualan minuman fermentasi atau destilasi khas Bali hanya bisa dijual di tempat tertentu atau untuk ekspor dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. 

Aturan tersebut, diharapkan mampu menaikkan citra minuman beralkohol tradisional dari Bali. Sekaligus langkah melestarikan budaya tradisional.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992