Menu

27 Jan 2020, 21:15 WIB

Jelang Pilkada 2020, Jurnalis dan Kesbangpol Cianjur Kolaborasi di Sawala Politika

Sawala Politika bertajuk Jelang Pilkada 2020 hasil kolaborasi Badan Kesbangpol, PWI Perwakilan Cianjur dan IJTI Korda Cianjur, Senin (27/1/2020). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan PWI Perwakilan Cianjur dan IJTI Korda Cianjur menggelar Sawala Politika bertajuk "Jelang Pilkada 2020", Senin (27/01/2020). Kegiatan yang diikuti peserta jurnalis dari berbagai media ini digelar di salah satu kafe di Jalan Raya Cipanas, Panembong, Cianjur.

Kegiatan tersebut berkonten forum diskusi panel dengan menghadirkan narasumber dari penyelenggara pemilu, yakni KPU Kabupaten Cianjur dan Bawaslu Kabupaten Cianjur.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar mengapresiasi kegiatan tersebut yang inisiasinya datang dari kalangan jurnalis. Menghadapi Pilkada Kabupaten Cianjur 2020, kata Dadan, semua elemen masyarakat harus ikut menyukseskannya.

"Ini adalah momentum semua elemen masyarakat, termasuk kalangan jurnalis, untuk ikut berperan pada pilkada. Saya tentu mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya menciptakan Pilkada Kabupaten Cianjur yang damai dan aman," kata Dadan pada sambutannya.

Dadan menitipkan pesan kepada para jurnalis agar bisa bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah. Sebab, peran media massa sangat penting sebagai corong informasi kepada masyarakat.

"Hadirnya narasumber dari KPU dan Bawaslu, tentu juga bisa memberikan informasi sejauh mana kesiapan para penyelenggara menghadapi pilkada. Ini tentunya akan dinformasikan kembali kepada masyarakat agar mengetahuinya. Saya percaya, wartawan di Cianjur selalu mengedepankan konfirmasi, tabayyun terhadap informasi yang beredar," sebut Dadan.

Asda III Setda Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun menitipkan pesan agar dari forum diskusi Sawala Politika ini akan menghasilkan suatu ide atau gagasan menjaga kondusivitas menghadapi Pilkada Cianjur 2020. 

"Saya acungi jempol bagi para wartawan Cianjur yang bisa berkolaborasi dengan Kesbangpol mengadakan kegiatan ini. Saya yakin, para wartawan juga ingin membangun Kabupaten Cianjur melalui kompetensi yang dimiliki yakni menginformasikan melalui media massa," kata Rahmat.

Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Mokhammad Ikhsan mengatakan Sawala Politika merupakan sebuah wadah diskusi dan berbagi informasi, utamanya saat ini menghadapi pilkada. Kegiatannya bukan hanya kali ini, tapi sebelumnya juga sudah pernah dilaksanakan.

"Sawala Politika ini kami buat dengan tujuan agar media punya peran membangun daerah melalui kemampuan yang dimiliki. Kompetensi kami membangun daerah itu melalui narasi sebagai informasi kepada khalayak," kata Ikhsan.

Karena itu, jelas Ikhsan, penting adanya koordinasi dan kolaborasi dengan elemen pemerintahan maupun penyelenggara Pilkada untuk bersama-sama memberikan informasi kepada masyarakat sejauh mana persiapan dan prosesnya. "Sawala Politika ini kami laksanakan berkesinambungan," tegas Ikhsan.

Ketua IJTI Korda Cianjur, Rendra Gozali, berharap kegiatan forum diskusi Sawala Politika ini terus dilaksanakan secara rutin untuk membuka wawasan masyarakat terhadap edukasi politik. Ke depan, peserta Sawala Politika harus merangkul semua kalangan agar ide dan gagasan bisa muncul yang nanti akan diimplementasikan oleh para pemimpin. "Media sebagai salah satu pilar demokrasi harus berperan terhadap pembangunan," tandasnya.

Hadir sebagai narsumber pada kegiatan itu Komisioner Bidang Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari. Diskusi diisi dengan dialog interaktif antara narasumber dan para peserta yang merupakan kalangan jurnalis dengan moderator Firman Taufiqurrahman, jurnalis kompas.com.

Reporter : DEDEN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Video prakirawati cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang pekan ini viral karena menjadi korban pelecehan seksual secara verbal di Twitter kini hilang. Diduga BMKG telah menghapus...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya