Menu

02 Des 2019, 08:00 WIB

CPNS 2019, Peminat Posisi Sipir Lebih Banyak dari Guru Matematika

Sejumlah warga antri saat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di ruangan Layanan Publik Polresta, Banda Aceh, Aceh, Selasa 12 November 2019. | Sumber Foto:ANTARA FOTO/Ampelsa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Kepegawaian Negara atau BKN memaparkan data teranyar terkait pendaftar calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 melalui media sosial resminya. Dari data tersebut, ternyata posisi penjaga tahanan atau sipir pria tercatat sebagai formasi yang paling diburu pelamar CPNS 2019.

“Penjaga tahanan (pria) sebanyak 304.247 pelamar,” tulis BKN dalam akun Facebook resmi, Ahad 1 Desember 2019.

Pelaksana Harian Kepala Humas BKN Mohammad Ridwan membenarkan data itu kala dihubungi Tempo melalui pesan pendek.

Selain sipir pria, formasi penjaga tahanan untuk pelamar wanita turut berada di deretan sepuluh formasi favorit dengan jumlah peserta mencapai 142.080 orang. Jumlah pelamar untuk formasi ini mengalahkan lowongan guru bahasa Inggris dan guru matematika yang masing-masing mendulang 119.822 pelamar dan 122.478 pelamar.

Dalam lowongan CPNS, penjaga tahanan atau sipir tercatat sebagai bagian dari formasi yang diajukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Formasi itu mensyaratkan pelamar memiliki latar pendidikan minimal SMA atau sederajat.

Total, terdapat 2.875 lowongan sipir tahanan yang akan dialokasikan ke 33 kantor wilayah. Lowongan ini terbuka untuk dua kategori pelamar, yaitu umum dan putra-putri asal Papua serta Papua Barat.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga tercatat sebagai instansi yang memperoleh pelamar terbanyak. Hingga 1 Desember 2019 petang, BKN mendata ada 708.488 pelamar telah memasukkan dokumen ke kementerian itu.

Berturut-turut setelah Kemenkumham adalah Kementerian Agama dengan 222.551 pelamar, Kejaksaan Agung 76.610 pelamar, Mahkamah Agung 58.320 pelamar. Kemudian, Pemerintah Provinsi Jawa Timur 57.314 pelamar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 53.908 pelamar, Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 50.528 pelamar, Pemerintah Provinsi Jawa Barat 41.722 pelamar, Kementerian Perhubungan 38.780 pelamar, dan Kementerian Kesehatan 34.892 pelamar.

Sejumlah instansi saat ini masih membuka pendaftaran CPNS 2019 hingga Desember. Beberapa di antaranya ialah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Pemerintah Keuangan, Badan Pembina Ideologi Pancasila. Selanjutnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan, Badan Pendidikan dan Kebudayaan DIKTI, hingga Kementerian Riset dan Teknologi.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hal apa yang paling ironis dari sebuah hubungan? Terkadang itu bukan awal, tapi akhir. Pendekatan seseorang dalam menangani akhir hubungan mereka berbicara banyak tentang diri mereka sendiri....

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk menyuarakan pendapat di tempat kerja merupakan situasi yang cukup kritis karena banyak alasan. Ini penting pada tingkat pribadi karena dapat berdampak...

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam dua hari terakhir, warga Kampung Cipicung tengah, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi dihebohkan dengan penemuan banyaknya ikan di pinggir aliran Sungai Cimandiri. Berdasarkan informasi yang dihimpun,...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi merilis data kerusakan akibat hujan angin yang mengguyur wilayah Sukabumi pada Rabu (23/9/2020) sore. Berdasarkan data yang diterima awak media, setidaknya terdapat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya