Menu

Jumat, 11 Oktober 2019, 02:00 WIB

Wiranto Ditusuk, BIN Deteksi Aksi JAD Jelang Pelantikan Presiden

Menko Polhukam Wiranto digotong menuju mobil usai diserang oleh seseorang tak dikenal di Pandeglang, Banten, Kamis 10 Oktober 2019. | Sumber Foto:Antara Foto/Weli Ayu Rejeki

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan mengatakan pihaknya telah mendeteksi adanya pergerakan teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) menjelang pelantikan presiden pada Ahad, 20 Oktober 2019. Ini diungkapkan Budi terkait penusukan terhadap Wiranto oleh anggota JAD Bekasi.

"Kami sudah deteksi menjelang pelantikan. Memang ada rencana seperti itu dari JAD, sehingga harus kami dengar dan waspada," kata Budi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ditusuk Syahrial Alamsyah alias Abu Rara saat tengah berada di Pandeglang, Banten, Kamis siang, 10 Otober 2019. Budi memastikan pelaku adalah teroris jaringan JAD Bekasi.

"Kami sudah pantau khusus pelaku ini tiga bulan yang lalu. Kan pindah dari Kediri ke Bogor, kemudian dari Bogor pindah ke Menes karena cerai dengan istri pertama," kata Budi.

Di Menes, kata Budi, pelaku menikah lagi. "Dan memang sel-sel seperti ini cukup banyak, sehingga kami mengimbau agar masyarakat tidak ikut dan memantau mengawasi sel seperti ini," kata dia.

Budi menegaskan, penusukan ini ada kaitannya dengan lima orang yang ditangkap di Bekasi karena merencanakan bom. Aksi JAD ini juga dikatakan Budi diprakarsai Abu Rara.

"Abu Rara sudah kami pantau beberapa kali mulai mengumpulkan pisau. Belum pada tahapan bom, tapi pola-pola seperti itu bisa juga dengan pisau senjata," ujar Budi.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang pengambilan sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019) mendatang. Wali Kota dan Bupati Sukabumi, Achmad Fahmi-Marwan Hamami mengimbau masyarakat agar menjaga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin mengatakan dirinya grogi menjelang pelantikan presiden-wakil presiden Ahad, 20 Oktober 2019. Ia mengharapkan acara pelantikan nanti akan berjalan lancar. “Saya kan belum pernah jadi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku tidak menemukan adanya rekayasa terkait insiden penusukan yang dialami Menkopolhukam Wiranto saat melakukan kunjungan ke Banten, kemarin. Hal itu disampaikan Prabowo...

SUKABUMIUPDATE.com - Fakta-fakta tentang penyerang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Syahril Alamsyah alias Abu Rara dan Fitria Andriana di gerbang alun-alun Menes Desa Purwaraja, Kecamatan Menes,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya