Menu

12 Sep 2019, 23:01 WIB

Membaca Buku 7,5 Jam Sehari, Rahasia Pintar BJ Habibie

Presiden ketiga BJ Habibie berpose di salah satu mobil koleksinya, Mercedes Benz 300SL Gullwing, di kediamannya di Jakarta, 9 Desember 2010. Almarhum BJ Habibie ternyata memiliki sederet koleksi mobil klasik yang didominasi dengan mobil pabrikan Jerman, M | Sumber Foto:dok. TEMPO/Yosep Arkian.

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia tengah berduka. Presiden ketiga, BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada umur 83 tahun.

BJ Habibie terkenal dengan sosok yang sangat pandai. Bahkan, ia kerap dijuluki sebagai bapak teknologi Indonesia karena jasanya yang besar untuk Tanah Air. Apa rahasia ia bisa sejenius itu? Ia pernah mengatakan bahwa ia hanya tidur selama empat jam.

“Saya dari lahir, hanya membutuhkan tidur empat jam. Selebihnya yang 20 jam, pancaindera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya,” katanya dalam peluncuran biografi-nya Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner di Perpustakaan Habibie Ainun di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Rasa penasaran yang tinggi dari BJ Habibie pun dijawab melalui setiap buku yang dibacanya. Sebab ia mengatakan bahwa setiap hari, dirinya memang akan meluangkan waktu sebanyak 7,5 jam untuk membaca. Namun jika tidak menemukan jalan keluar, ia akan menangis. “Kalau tidak bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan dan sesuai, saya menangis," katanya.

Habibie juga mengatakan bahwa rahasia kepintarannya didapat karena kedekatannya dengan sang pencipta. Sejak kecil, ayahnya, Alwi Abdul Jalil Habibie selalu mengajarkannya untuk membaca satu hingga dua juz Alquran. Berdoa lima waktu juga wajib dilakukannya. “Percuma memiliki pengetahuan yang tinggi bila tidak digantungkan kepada Allah dengan berdoa dan membaca Quran,” katanya.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tak ada penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan atau ODP, Pasien Dalam Pengawasan atau PDP, hingga tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sukabumi hari ini, Minggu (7/6/2020). Hal...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pasien Covid-19 yang merupakan warga Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi diperbolehkan pulang dari RSUD Jampang kulon setelah hasil swab test ke-4 dinyatakan negatif. Pengambilan swab test...

SUKABUMIUPDATE.com - Sungguh sadis kelakuan UA (32 tahun). Warga Gang Bungsu Kelurahan Solokpandan Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur ini tega membakar kakaknya sendiri gara-gara tak diberi uang. LJ (45 tahun) harus...

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir pekan ini, Pantai Cibuaya Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap mulai dipadati para pelancong. Salah satu lokasi wisata favorit dengan pantai putihnya di Kabupaten Sukabumi selatan itu tetap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya