Menu

Rabu, 11 September 2019, 21:02 WIB

BJ Habibie Wafat, Negara Minta Warga Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Ilustrasi BJ Habibie. | Sumber Foto:Muhammad Faisal Nu

SUKABUMIUPDATE.com - Segenap rakyat Indonesia berduka atas berpulangnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Rabu (11/9) malam. Negara telah menetapkan hari berkabung nasional sejak hari ini hingga 14 September 2019 mendatang.

Masyarakat dan kantor pemerintah pun diminta mengibarkan bendera setengah tiang atas meninggalnya BJ Habibie.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019 jadi kita mengungkapkan berkabung nasional," ujar Mensesneg Pratikno di Istana Negara, Rabu (11/9).

"Jadi sampai 14 September kami imbau masyarakat dan kantor-kantor lembaga negara dan kantor-kantor pemerintah di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September," imbuhnya.

Pengibaran bendera setengah tiang atas meninggalnya seorang presiden diatur negara melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2018 yang merupakan turunan dari Undang-Undang nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan.

Dalam peraturan itu, diatur masa berkabung atas wafatnya seorang presiden berlangsung selama tiga hari.

BJ Habibie meninggal sekitar pukul 18.05 WIB di usia ke-83 tahun. BJ Habibie mendapat perawatan intensif di RSPAD sejak 2 September lalu karena kondisinya yang melemah.

Putra kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan meninggalnya sang ayah karena usia.Rencananya, jenazah BJ Habibie akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan.

Sumber: Kumparan.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian tragis terjadi di Kelurahan Tonrorita Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, setelah salah seorang warga beranama Sampara ditemukan tewas dengan kepala terpenggal, Senin (11/11/2019). Kepala mayat itu,...

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di jagad media sosial Facebook aparat Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polres Sukabumi Kota melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang terduga kelompok geng motor belum lama ini. Penangkapan...

  SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dibuat geger dengan penemuan sesosok mayat di dalam koper berwarna biru tua, Minggu (10/11/2019) kemarin. Mayat itu tepatnya ditemukan warga di semak-semak pinggir...

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi Sat Sabhara Polres Sukabumi Kota melakukan penangkapan terhadap beberapa orang diduga kelompok geng motor, viral di media sosial. Foto-foto penangkapan tersebut diposting dalam akun Facebook Sat...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya