Menu

Kamis, 08 Agustus 2019, 09:58 WIB

Kebakaran Hutan Gunung Ceremai, 61 Pendaki Diungsikan

Ilustrasi kebakaran hutan. | Sumber Foto:REUTERS

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai terjadi sejak Rabu siang hingga Kamis dinihari, 8 Agustus 2019. Kerugian dan jumlah lahan yang terbakar belum bisa diperkirakan.

Kepala BPBD Kuningan, Agus  Mauludin, menjelaskan saat titik api menyebar ke arah atas dan angin bertiup ke arah selatan. Menurut dia, kondisi cuaca cerah dan angin bertiup hingga kebakaran menyebar, “Sampai malam ini kami terus melakukan pemantauan, semoga dalam waktu singkat kami bisa memadamkan api,” kata Agus kepada Tempo.

Titik api bermula di blok Gua Walet, dekat Puncak Ceremai, titik kordinat 6°54'2.63" S, 108°23'42.93" di wilayah Argalingga, Kabupaten Majalengka. Kepulan asap mulai terlihat sejak Rabu, pukul 13.00 WIB.

Api dan asap menjalar disekitarnya dengan cepat, karena kondisi angin cukup kencang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Majalengka untuk memantau titik api.

BPBD Kuningan memantau di wilayah Jalur Palutungan, tim gabungan, Polri, dan BPBD Majalengka, serta masyarakat dan MPG Apuy bergerak menuju lokasi kebakaran dua jam kemudian, tepatnya pukul 15.00 WIB,  Mereka melakukan evakuasi para pendaki dan berusaha memadamkan titik api.

Tim gabungan berhasil mengevakuasi 61 pendaki di jalur pendakian, di antaranya 25 orang di jalur pendakian Apuy, 31 orang di jalur pendakian Palutungan, dan 5 orang di jalur pendakian Linggarjati. Akibat kebakaran hutan tersebut, Taman Nasional Gunung Ciremai mengeluarkan surat  Pengumuman No : PG.18/T.33/TU/KSA/8/2019 tentang Penutupan jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai selama bencana kebakaran.

Sumber: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kata-kata yang diucapkan orang tua dapat memiliki dampak yang bertahan lama, terutama karena anak-anak berada pada usia yang mudah dipengaruhi. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa seseorang harus...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi menyambangi Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak, Kabupaten Bantul, Yogyakarta Kamis, 12 Desember 2019. Kedatangan Fachrul untuk bersilaturahmi dengan sejumlah kiai dan santri di pondok...

SUKABUMIUPDATE.com - Pengguna aplikasi pesan WhatsApp mulai melihat sesuatu yang berbeda tentang aplikasi itu, sekarang ada nama Facebook terpampang di atasnya. Beberapa pekan lalu, Facebook mengumumkan branding baru, dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla tetap tak setuju atas rencana penghapusan ujian nasional oleh pemerintah. Menurut dia peniadaan ujian nasional bukan langkah tepat. "Jangan menciptakan generasi muda yang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya