Saat Purnawirawan Jenderal TNI Pro Jokowi dan Pro Prabowo Bertemu

Senin 29 Juli 2019, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Purnawirawan Jenderal TNI yang berseberangan pilihan politik dalam pemilihan presiden 2019 bertemu di Kementerian Pertahanan. Setidaknya terlihat dua pensiunan jenderal yang bertemu yaitu Agum Gumelar yang selama Pilpres 2019 ada di kubu Joko Widodo. Adapun dari kubu Prabowo hadir Jenderal (Purnawirawan) Djoko Santoso yang merupakan mantan Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga.

Sebenarnya, beberapa tokoh lain seperti Jenderal (purnawirawan) Moeldoko yang merupakan Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) sekaligus Kepala Staf Presiden, juga diundang. Namun ia tak nampak hadir di lokasi acara Silaturahmi Purnawirawan TNI bertema "Dengan Jiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, Keluarga Besar TNI selalu menjaga Soliditas guna Mengawal Keutuhan NKRI" di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019.

Baik Agum maupun Djoko sama-sama memberikan sambutan. Agum dalam sambutannya menegaskan pentingnya soliditas di antara aparatur keamanan negara.

"Saya ingin menambahkan, soliditasnya kita lebih perluas. Kalau di sini mungkin soliditas internal kita, unsur TNI darat, laut, dan udara. Tapi saya ingin diperluas soliditas kita dalam membentuk soliditas TNI dan Polri," kata Agum.

Agum banyak membahas tentang pengalamannya menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan di era Presiden Abdurrahman Wahid. Ia menjelaskan soliditas antara TNI-Polri saat itu yang menjadi kunci stabilitas negara.

Adapun Djoko Santoso, lebih banyak membahas terkait potensi ancaman yang akan dihadapi Indonesia ke depan. Ia menilai hal ini sangat berat, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini.

"Nasionalisme kita sudah luruh. Kita tak akan menang dari kapitalisme, dari liberalisme, kalau (nasionalisme) sudah luruh. Kita harus bangkitkan lagi," kata Djoko.

Agum sendiri tak mengikuti pidato Djoko. Usai memberi sambutan, ia langsung pulang dengan alasan ada agenda lain yang telah menunggunya. Sebelum pulang, Agum menyempatkan diri menyalami beberapa tokoh yang hadir, termasuk Djoko Santoso.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, tak menampik adanya silaturahmi ini adalah untuk menyatukan kembali para purnawirawan yang terpecah selama Pilpres 2019 lalu. Ia mengatakan hal seperti ini akan terus dilakukan.

"Kita minta TNI dan purnawirawan itu bisa kemana-mana. Maksudnya ya tadi meyakini NKRI dengan dasar Pancasila dan UUD 45. Kalau itu dijaga dan menularkan itu ke partai-partai, lebih bagus," kata Ryamizard.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)