Menu

Kamis, 11 Juli 2019, 13:33 WIB

Rekonsiliasi Jokowi - Prabowo, Luhut Pandjaitan: Apa Urusannya dengan Rizieq?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan rangkuman hasil pertemuan G20 di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli 2019. | Sumber Foto:TEMPO/Francisca Christy Rosana.

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan rekonsiliasi antara kubu Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno tidak ada hubungannya dengan kepulangan tokoh Front Pembela Islam Rizieq Shihab ke Indonesia.

"Apa urusannya dengan Pak Rizieq?" ujar Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019. Lagipula, menurut dia, rekonsiliasi sejatinya sudah berlangsung setiap hari. "Jadi jangan dibikin jadi kabar ramai."

Adapun Presiden Jokowi, tutur Luhut, sebenarnya sudah mengatakan bersedia apabila harus dipertemukan dengan Prabowo.  "Beliau kan mau-mau saja. Enggak ada masalah," ujar dia.

Permintaan pemulangan Rizieq menjadi syarat rekonsiliasi dari kubu Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Wacana itu pertama kali dikatakan Dahnil Anzar Simanjutkan, bekas juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga Uno.

Belakangan, kubu Jokowi emoh mengabulkan syarat tersebut. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Rizieq Shihab sebaiknya pulang ke Indonesia atas kemauannya sendiri. “Ya pulang sendiri saja, (kalau) enggak beli tiket, baru gue beliin,” kata dia, Selasa, 9 Juli 2019.

Sementara itu, Ketua Bantuan Hukum Front Pembela Islam (FPI) Sugito Atmo Prawiro mengatakan bahwa Rizieq Shihab sudah tidak memiliki persoalan hukum di Indonesia. "Kalau urusan hukum, clearenggak ada masalah hukum," kata Sugito.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bahtiar Effendy meninggal dini hari tadi, Kamis, 21 November 2019, sekitar pukul 00.02 WIB, di ruang ICU Rumah Sakit Umum Cempaka...

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberikan bonus bagi atlet peraih medali dalam kejuaraan multieven SEA Games 2019 Filipina dan peraih medali emas akan diganjar Rp 200...

SUKABUMIUPDATE.com - Pengadilan di Prancis membolehkan bebek-bebek di kawasan pedesaan di barat daya negara itu untuk bebas bersuara: kwek kwek kwek, sambil menunggu hasil audit akustik tentang level kebisingan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menyebut, pemekaran Kabupaten Sukabumi akan segera terlaksana. Hal itu tercetus usai dirinya menerima kunjungan Tim Pemprov Jawa Barat di Gedung...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya