Menu

Rabu, 20 Maret 2019, 10:14 WIB

Penyebar Video Hoaks Surat Suara Tercoblos 01 Ditangkap

Ilustrasi Surat Suara Pemilihan Umum. | Sumber Foto:TEMPO/Dasril Roszandi

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap penyebar video hoaks surat suara tercoblos 01. Sebelumnya kasus ini dilaporkan KPU Sumut dan Medan.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan pelaku berinisial UR itu ditangkap di daerah Jawa Barat karena ia merupakan warga daerah itu.

"Akun yang digunakan tersangka untuk menyebar video hoak tersebut adalah akun palsu.selama ini akunnya selalu berubah-ubah," ujar Nainggolan seperti dikutip Antara, Rabu 20 Maret 2019.

Ia mengemukakan, penangkapan itu dilakukan setelah petugas bekerja ekstra keras dan menelusuri pertemanan di akun Facebook tersebut.

Menurut Nainggolan, dari pertemanan di Facebook itu ditelusuri, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diringkus.

"Jadi menangkap tersangka yang kasusnya seperti itu, tidak mudah," ucap dia.

Nainggolan menyebutkan, saat ini tersangka UR telah berada di Polda Sumut, dan dilakukan penahanan.

Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut berbuat curang.
"Kalau motifnya masih diselidiki Polda Sumut," kata mantan Kapolres Nias selatan itu.

Sebelumnya, KPU Sumut dan Medan melaporkan video hoax surat suara 01 sudah tercoblos ke Mapolda Sumut, pada Ahad 3 Maret 2019. Laporan tersebut dibuat karena video itu dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggar Pemilu.

Video hoaks surat suara 01 tercoblos tersebut diketahui diunggah oleh akun Facebook atas nama Muhammad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif.

"Memang keparat KPU Sumut, surat suara sudah tercoplos 01 semua," ujar Adrian dalam unggahannya.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 11 partai politik tak boleh ikut Pemilu 2019 di daerah. Mereka dibatalkan kepesertaannya dalam Pemilu 2019 oleh KPU di tingkat provinsi dan kabupaten/kota karena tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye hingga 10...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan film berjudul Suara April di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019) malam. Film bertema Pemiluitu sengaja dibuat sebagai medium untuk menarik pemilih muda menggunakan hak pilihnya...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya