Menu

18 Mar 2019, 22:19 WIB

Penghitungan Suara Pilpres Disepakati Paling Awal

Ilustrasi Kotak Suara. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi II DPR RI bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyepakati penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden dihitung paling awal pada Pemilu 2019.

Kesepakatan tersebut berdasar pada hasil rapat dengar pendapat (RDP) yang membahas persiapan Pemilu 2019.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan nantinya dalam proses penghitungan suara di Pemilu serentak 2019 penghitungan perolehan suara presiden dan wakil presiden akan dihitung lebih dulu dari Pileg.

"Penghitungan suara presiden dulu, presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi DPRD kabupaten/kota," tutur Arief usai menggelar RDP di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Arief menerangkan kesepakatan tersebut sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019.

Sebelumnya, kata Arief, ada usulan dari anggota DPR RI yang meminta merevisi ketentuan penghitungan suara di PKPU agar dimulai dari penghitungan perolehan suara Pileg DPR RI.

"Itu (sesuai) PKPU Nomor 3 dan semua sudah disetujui," ujarnya.

Untuk diketahui, rapat tersebut merupakan rapat lanjutan yang sebelumnya telah digelar pada Rabu, (13/3). Rapat dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi II DPR RI fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi kamu yang masih menunggak listrik, siap-siap kena denda.  Melansir Suara.com, biaya keterlambatan pembayaran rekening listrik atau denda ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kajian menunjukkan bahwa penetapan kawasan-kawasan lindung yang dilakukan lebih banyak dari yang ada saat ini akan memberi manfaat secara finansial dan ekonomi secara global. Keuntungannya melampaui...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekelompok orang yang diduga geng motor tega membacok pasangan suami istri (Pasutri) di Kampung Cipulus, Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/7/2020) malam. Informasi yang dihimpun, peristiwa...

SUKABUMIUPDATE.com - Gelandang Persija Jakarta Marc Klok akan segera merampungkan proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pesepakbola asal Belanda itu sudah bertemu dengan perwakilan DPR dan telah memberikan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya