Menu

Selasa, 23 Oktober 2018, 16:59 WIB

Gempa 5,2 SR Guncang Sigi, PVMBG: Tidak Berpotensi Tsunami

ilustrasi BMKG. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali diguncang gempa, hari Senin (22/10), pukul 23.07 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 120,18 BT dan 1,63 LS, dengan magnitudo 5,2 pada kedalaman 10 km, berjarak 42 KM Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 120,18 BT dan 1,63 LS, dengan magnitudo 5,2 pada kedalaman 10 km, berjarak 42 KM Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah," sebut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani, Selasa (23/10).

PVMBG merilis pusat gempa berada di darat dan wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah Kabupaten Sigi. Sementara, berdasarkan kondisi geologi, wilayah-wilayah tersebut tersusun oleh batuan yang terlapukkan.

BACA JUGA: Tim Siaga Bencana ESDM Terus Upayakan Pengangkatan Jembatan Ponulele

"Wilayah tersebut pada umumnya tersusun oleh batuan sedimen dan batuan malihan (batuan metamorf) berumur Pra Tersier yang membentuk lajur sesar dengan lereng curam dan kebanyakan lapuk. Batuan yang lapuk, urai, lepas, dan belum kompak (unconsolidated) dapat bersifat memperkuat guncangan gempa bumi sehingga lebih rentan," jelas Kasbani.

Kasbani juga mengatakan bahwa gempa bumi ini berasosiasi dengan aktivitas Sesar Palu Koro. "Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas Sesar Palu Koro yang berarah relatif barat laut-tenggara," ujar Kasbani.

BACA JUGA: Jonan: Infrastruktur Ketenagalistrikan Palu-Donggala Hampir Selesai

Intensitas guncangan gempa bumi terbesar dirasakan di wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi, kemudian intensitasnya semakin melemah seiring bertambahnya jarak dengan pusat gempa bumi. Berdasarkan BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Palu dengan intensitas II-III MMI (Modified Mercalli Intensity), Mamuju II-III MMI, Masamba II MMI, Toraja II MMI, Poso III MMI, Parigi II-III MMI, dan Tentena II-III MMI. "Ini tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempa bumi berada di darat," jelas Kasbani.

PVMBG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami," pungkas Kasbani.

Reporter : Humas Kementerian ESDM RI
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, hingga kuartal ke III tahun 2018 ini rasio eletrifikasi nasional telah mencapai 98 persen. "98 persen dari masyarakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, lembaganya belum bisa berbicara kepada publik ihwal indikasi keterlibatan petinggi Lippo Group, James Riady dalam kasus suap Meikarta. "Enggak bisa...

SUKABUMIUPDATE.com - Diberitakan sebelumnya, seusai menghadiri peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Palabuhanratu, dua orang santri yang bermain dan berenang di sekitaran pantai Al'istiqomah Citepus Palabuhanratu terseret oleh arus...

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta bupati/walikota untuk menjaga kondusivitas daerahnya pascainsiden pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid saat upacara peringatan Hari Santri Nasional di Limbangan Garut. “Para kepala daerah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya