Hasil Seleksi CPNS Diumumkan, Akun Twitter BKN Diserbu Netizen

Senin 22 Oktober 2018, 12:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Sejak mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada akhir pekan lalu, akun resmi Twitter Badan Kepegawaian Negara atau BKN belakangan dibanjiri oleh pertanyaan-pertanyaan dari kalangan netizen. Selain mempertanyakan alasan tidak lolosnya saringan pertama seleksi CPNS, ada juga netizen yang mengucapkan terima kasih setelah dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi itu.

Terhitung sejak Sabtu pekan lalu pada 20 Oktober 2018, BKN melalui akun @BKNgoid mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS di setidaknya 25 kementerian dan lembaga pemerintahan di tingkat pusat. Jika dilitik dari timeline BKN, tercatat pengumuman hasil seleksi di Badan Pertanahan Nasional, Kemensetneg, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, KomnasHAM, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, BKN juga telah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM, Badan Keamanan Laut, Kementerian Luar Negeri, LAPAN, Badan Pusat Statistik, PPATK, Kementerian Keuangan, Bappenas, Badan Informasi Geospasial, Kemenkop UKM, BNPB, Kemenko Maritim, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN, Batan, dan Kementerian Pendidikan dan Budaya. Dalam cuitannya, BKN juga melampirkan situs resmi kementerian dan badan yang bisa dirujuk para CPNS untuk mengecek hasil seleksi tersebut.

Tak hanya kementerian dan badan di tingkat pusat, BKN juga mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS untuk 24 pemerintah daerah seperti Pemprov Jawa Timur, Pemkot Bandung, Pemkab dan kota Jawa Timur, Pemkab Tuban, Pemkab Kendal, dan Pemkab Subang, Pemkot Sibolga, Pemprov Sumatera Barat, Pemkab Cilacap, Pemkab Blora, dan Pemkot Depok. BKN juga mengumumkan hasil seleksi di Pemkab Tegal, Pemprov DI Yogyakarta, Pemkab Musi Rawas Bangka, Pemkab Bangka Tengah, Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Karawang, Pemkab Sukabumi, Pemkab Tasikmalaya, Pemkab Sukoharjo, Pemkot Malang, Pemkab Sleman, dan Pemkab Temanggung.

Dalam cuitannya, BKN menyampaikan kepada para netizen yang belum jelas tentang hasil pengumuman, bisa mengunjungi web atau media sosial instansi tersebut. "Silahkan mengunjungi web atau akun media sosial instansi yg kamu lamar untuk mengetahui jadwal pengumumannya, juga dapat menghubungi instansi tsb secara langsung," tulis BKN pada Ahad, 21 Oktober 2018.

Dalam tiap cuitan BKN itu, tak sedikit netizen yang menanggapinya. Khusus cuitan tersebut di atas, ada 442 orang yang ikut berkomentar dan sebanyak 161 orang yang me-retweet cuitan itu. Selain itu ada 669 orang yang mengklik like atas cuitan tersebut.

Salah satu netizen, Devon, mempertanyakan alasan verifikator yang memeriksa berkas administrasinya dan akhirnya menyatakan dirinya tak lolos CPNS Pemerintah Kota Bandung. "Sy ga lulus seleksi adm. Tp alasan verifikator gamsuk akal krn sy sdh isi & masukan semua sesuai yg diminta. Kualifikasi pendidikan yg diminta pun sdh sesuai. Jur S1 Administrasi Bisnis, Formasi jbtn Pengelola Perekonomian Pembangunan &Lingkungan Hidup, di instansi PemKot Bandung," ujarnya seperti dikutip dari akun @deviidevon, Senin, 22 Oktober 2018.

Sementara itu, Ferliana, bertanya kepada BKN ihwal hasil seleksi administrasi CPNS untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena tidak ada kejelasan akun Twitter yang berwenang mengumumkan. "Bagaimana dengan pemprov DKI min, kami kesusahan untuk menanyakan karena mereka (bkd dki) tdk memiliki akun twitter, akun @bkddki ini jg sepertinya tdk aktif, sedangkan akun @DKIJakarta twitnya tidak pernah membahas cpns, yg ada hanya website dr BKD," seperti dikutip dari akun @ferrlianaa.

Ada juga Lestari dengan akun @airynvanneysa yang mempertanyakan keabsahan pengumuman hasil seleksi lewat instansi yang bersangkutan. "Masalahnya banyak yg nunggu keterangan dari sscn juga min.. Di pengumuman instansi lulus, tp pas login sscn blm ada keterangan apa2.."

Niko Ferbi juga mempertanyakan soal pengumuman lolos tidaknya seleksi administrasi CPNS. "Min untuk yang tidak lolos apakah ada pemberitahunnya juga, Karena dari awal sampai dengan sekarang pada RESUME PENDAFTARAN hanya ada cetak kartu informasi akun & cetak kartu informasi pendaftaran," katanya melalui akun @ferbi72.

Di antara banjirnya pertanyaan itu, ada juga netizen yang menyampaikan empati kepada petugas administrator akun BKN. "Baca ya para pelamar CPNS. Kebanyakan pelamar nanyain berkas gak lolos ke admin BKN, padahal admin tugasnya menginfokan bukan menyeleksi. Sabar atuh min @BKNgoid," ujar Nurmalita Sari seperti dikutip dari akunnya, @litalitsss.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan