Menu

17 Jul 2018, 08:16 WIB

Bawaslu: Puncak Pendaftaran Caleg Terjadi Hari Ini

Petugas pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk DPR standby di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018. Jelang berakhirnya masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk DPR, belum ada partai politik yang mendaftar | Sumber Foto: TEMPO/Subekti.

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan puncak kepadatan pendaftaran calon anggota legislatif atau caleg Pemilihan Umum 2019 akan terjadi pada hari ini, Selasa, 17 Juli 2018. "Ibarat mudik Lebaran, puncak kemacetan itu besok (Selasa)," ujar anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin di Gedung Bawaslu, Jakarta, Senin, 16 Juli 2018.

Sebab, hingga H-1 penutupan masa pendaftaran caleg, baru Partai NasDem yang melakukan pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Sehingga, masih ada 15 partai lagi yang akan mendaftar pada hari terakhir masa pendaftaran.

Atas potensi peningkatan volume pendaftar pada hari terakhir pendaftaran caleg itu, ia menyatakan perlunya langkah antisipasi dari KPU untuk meningkatkan pelayanan dalam proses pendaftaran di hari terakhir itu. "Kepastian dan kecepatan akses sistem informasi pencalonan (Silon) untuk digunakan setiap partai politik menjadi kunci untuk mengejar waktu pendaftaran," tutur Afifuddin.

Berdasarkan laporan dari LO partai politik, Afifuddin mengatakan Silon menjadi salah satu hal yang dikeluhkan dalam fase pendaftaran caleg. Parpol kerap kesulitan dalam mengunduh formulir dan memasukkan data calon ke dalam Silon. Akibatnya, parpol membutuhkan waktu untuk memasukkan data dan menunda pendaftarannya.

Kendati baru satu parpol yang mendaftarkan calonnya, Afifuddin menyatakan Bawaslu tak menyiapkan skenario perpanjangan masa pendaftaran caleg.

"Masa perpanjangan itu domainnya di KPU, tapi kami sudah bersepakat untuk tidak ada," ujar Afifuddin.

Afifuddin meminta partai politik hadir ke KPU pada hari ini, sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Meski, berkas yang mesti dikumpulkan belum lengkap. Sebab, kekurangan pada pendaftaran masih bisa dilengkapi pada masa perbaikan nanti.

"Kuncinya satu, besok partai datang, itu sudah kabar gembira untuk tahapan," kata Afifuddin. Ia mengatakan ihwal masa perbaikan itu sejatinya sudah pernah disampaikan kepada partai politik pada masa sosialisasi tahapan.

Bawaslu belum mau menyampaikan skenario apa yang telah disiapkan apabila pada masa penutupan pendaftara masih ada partai politik yang belum mendaftarkan calon anggota DPR-nya. Afifuddin masih berharap pendaftaran caleg bisa rampung esok.

"Besok baru kami sikapi kalau situasinya masih seperti hari ini (masih banyak partai yang belum mendaftar)," ujar Afifuddin. Berdasarkan data yang ia peroleh, hampir semua partai telah mengkonfirmasi akan hadir besok. "Sudah ada jadwalnya."

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk pertama kalinya Instagram akan membayar para kreator yang menyiarkan video mereka di IGTV, demikian diwartakan The Verge pekan ini. Dilansir dari suara.com, praktik ini sebelumnya sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Divisi pengembangan aplikasi eksperimental Facebook baru saja memperkenalkan produk baru bernaa Collab yang mirip TikTok, tetapi bisa menjadi arena kolaborasi untuk bermusik. Dilansir dari suara.com, saat ini karena...

  SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat kooridinasi bersama unsur Forkopimda untuk membahas skenario penerapan protokol kesehatan baru menuju era new normal di Kota...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi, Nina Widiawati, mengungkapkan, ditengah merebaknya pandemi Covid-19 atau virus Corona target...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya