Menu

Minggu, 08 Juli 2018, 17:52 WIB

Rekapitulasi KPU: Ridwan Kamil Menang Pilgub Jabar 2018

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kami didampingi istrinya Atalia Praratya (kiri), memberikan keterangan kepada awak media di pusat hitung cepat Rindu di Bandung, Rabu, 27 Juni 2018. | Sumber Foto:TEMPO/Prima Mulia

SUKABUMIUPDATE.com - Rapat Pleno Rekapitulasi hasil suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau Pilgub Jabar 2018 telah usai. Pasangan nomor urut 1, Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum berhasil mendapatkan suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi itu.

Pasangan Ridwan-Uu mendapatkan suara sebanyak 7.226.254 suara atau unggul dengan torehan 32,88 persen. Pasangan Ridwan-Uu unggul dengan selisih 4,14 persen dari pesaing terdekatnya, yakni pasangan nomor urut tiga, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan raihan 6.317.465 suara atau setara dengan hitungan 28,74 persen.

Sementara untuk pasangan nomor urut empat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapatkan hasil suara sebanyak 5.663.198 atau 25,77 persen. Terakhir, pasangan nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan mendapatkan suara sebanyak 2.773.078 atau 12,62 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat telah mengesahkan hasil rekapitulasi suara Pilgub Jawa Barat, di Aula KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Ahad, 8 Juli 2018.

Yayat mengatakan sepekan setelah disahkannya hasil rekapitulasi suara Pilgub Jabar, agenda KPU selanjutnya yakni akan melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon pemenang Pilgub Jawa Barat.

"Kita akan menunggu dulu pengumuman dari Mahkamah Konstitusi, apakah ada yang menggugat atau tidak," ujar Yayat seusai menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Jawa Barat, di Aula KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Ahad, 8 Juli 2018.

Menurut Yayat, selama berjalannya rapat pleno rekapitulasi suara itu tidak ada gugatan dari salah satu saksi pasangan calon ataupun Bawaslu terkait hasil rekapitulasi itu.

"Saya kira tidak ada yang kompleks ya, baik dari saksi tiap pasangan calon ataupun dari Bawaslu. Mereka hanya memberikan catatan saja dan kita terima itu," ujarnya.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Wasikin Marzuki mengapresiasi hasil rekapitulasi suara Pilgub Jawa Barat itu. Dia mengatakan proses Pilgub Jabar 2018 berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang mengganggu proses pesta demokrasi di Jawa Barat itu.

"Saya apresiasi juga tingkat partisipasi warga Jabar, yang sebelumnya hanya 63 persen sekarang meningkat jadi 72 persen," ujarnya.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah menerima hasil rekapitulasi suara untuk enam provinsi yang menyelenggarakan pemilihan gubernur pada Pilkada serentak 2018. Enam provinsi itu merupakan dari 17 Provinsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ridwan Kamil alias Emil telah merancang program seratus hari pertama sebagai Gubernur Jawa Barat yang baru. Bersama pasangan wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum, pasangan yang disingkat Rindu itu akan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui entry data formulir C 1 Pemilihan Gubernur Jawa Barat, hari ini Jumat (29/6/218) per pukul 12.13 WIB sudah mencapai 91,77...

SUKABUMIUPDATE.com - Pasangan calon Wali kota dan Wakil wali kota Sukabumi Achmad Fahmi-Andri Hamami (Faham) bakal terus meningkatkan pembinaan maupun prestasi seni beladiri Pencaksilat. "Kami akan melanjutkan kepemimpinan sebelumnya dan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya