Menu

Minggu, 08 Juli 2018, 12:14 WIB

Ridwan Kamil Optimistis Menangi Pilkada Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Ridwan Kamil. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat baru menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi seluruh suara pemilihan kepala daerah pada Ahad 8 Juli 2018 ini. Namun sikap optimistis sudah ditunjukkan oleh Ridwan Kamil, calon gubenur yang bersama pasangannya sejak 2 Juli 2018 lalu. 

Menurut Emil—sapaan Ridwan Kamil, merujuk pada hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang memperlihatkan suaranya unggul dari tiga pasangan kandidat lainnya. Quick count, kata dia,merupakan alat ukur ilmiah dan lebih terukur karena hasilnya nyata dari pencoblosan. Hasil quick count juga diakui baru sementara saat ini. “Tapi kami meyakini dalam sejarahnya (quick count) tidak pernah meleset dengan hasil akhir," katanya kepada Tempo, Senin 2 Juli 2018 malam.

Seusai pemungutan suara 27 Juni 2018 lalu,  Emil bersama ratusan pendukungnya berkumpul. Mereka memantau hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang ditayangkan sejumlah stasiun televisi swasta. Emil sujud syukur sebelum berpidato di panggung. Berdasarkan hitung cepat SMRC misalnya, Ridwan-UU memperoleh 32,26 persen suara,  Sudrajad-Syaikhu memperoleh 29,58 persen suara, Deddy-Dedi 25,38 persen serta Hasanuddin-Anton sebesar 12,77 persen.

"Makanya di (Hotel) Papandayan itu tidak ada kata kemenangan,” kata Ridwan Kamil. “Saya bilang ini mensyukuri berita baik. Jadi kalau ada yang bilang miheulaan (memulai) pesta kemenangan, saya ralat. Enggak ada itu coba cek pidato saya.”

Gerindra mengeluarkan hasil hitung cepat internal mereka yang mengklaim keunggulan suara Sudrajad-Ahmad Syaikhu sebesar satu persen lebih banyak dari Ridwan Kamil-UU.

"Tafsir itu silakan saja,” kata Ridwan Kamil. “Saya tidak akan menanggapi mereka. Saya akan meyakini apa yang saya lihat, apa yang saya yakini. Kalau ternyata cara pandangnya berbeda saya tidak bisa memaksakan."

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto siap menggugat hasil pilkada Jawa Barat. "Kami siap ambil langkah untuk menggugat seandainya pengumumannya dinyatakan bahwa calon-calon kami kalah," kata dia, Sabtu 7 Juli 2018.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 1.193 personil pengamanan disiagakan di sekitaran kantor KPU Jawa Barat di Jalan Garut, Kota Bandung, Minggu, 8 Juli 2018. Penjagaan itu untuk pengamanan rapat pleno KPU untuk rekapitulasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencekal empat orang yang diduga terkait dengan perkara suap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Pencekalan ini untuk meminta keterangan dari keempat orang tersebut. "Pihak-pihak tersebut perlu...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mendapat dukungan untuk maju sebagai calon wakil presiden 2019 mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sejumlah relawan mendeklarasikan dukungan itu di tengah perayaan ulang...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan partainya bakal memprioritaskan koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pemilihan presiden 2019. Termasuk, kata dia, dalam...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya