Respon Ridwan Kamil Soal Guru Viral Dipecat Usai Pilkada Serentak

Sabtu 30 Juni 2018, 11:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terkait kasus guru viral, Gubernur Jawa Barat terpilih versi quick count Ridwan Kamil melansir respon pemecatan pengajar di SDIT Darul Maza, Bekasi tersebut.

Ibu guru viral bernama Robiatul Adawiyah itu dipecat melalui grup Whatsapp, karena berbeda pilihan di dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu.

Melalui akun Instagram resminya, Ridwan Kamil mengucapakan terimakasih karena Robiatu telah memilihnya. Namun, tanpa diduga, menurut Kang Emil, keputusan itu memberikan kosekuensi dimana Robiatul diberhentikan oleh sekolah melalui Whatsapp.

"Hanya karena beda coblosan dengan arahan sekolah," kata Kang Emil dinukil dari akunnya yang diposting pada Jumat, 29 Juni 2018.

Kisah ibu guru Robia ini, bakal dijadikannya sebuah penyemangat agar selalu amanah dan menjaga kepercayaan pemilih lain yang mencoblosnya.

Sementara itu, Ketua PKB Kota Bekasi, Ahmad Ustuchri mengaku prihatin dengan kejadian yang menimpa Robiatul Adawiyah. PKB adalah salah satu partai pengusung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

"Masih ada praktek intimidasi di era demokrasi sekarang ini, apalagi lembaga pendidikan yang notabene institusi yang membentuk karakter mulia," kata Ustuchri.

Menurut dia, mengajak mencoblos pasangan tertentu tidak masalah dalam pemilihan kepala daerah. Namun, tidak dibenarkan jika melakukan intimidasi, karena memilih adalah ada masing-masing orang.

"Alhamdulilah, tim koalisi Rindu bahkan RK sudah memberikan perhatian kepada Ibu Robia, mudah-mudahan segera dapat tempat mengabdi yang lebih cocok," kata dia.

Kisah pemecatan guru SDIT Darul Maza, Jatisari, Jatiasih, Kota Bekasi ini viral karena diberhentikan melalui grup whatsapp yayasan.

Pemecatan dilatarbelakangi karena Robiatul mencoblos Ridwan Kamil, berbeda dengan arahan dari yayasan yang mempunyai pilihan sendiri dalam Pilkada serentak Jawa Barat dan Kota Bekasi.

Kisah ini viral karena salinan percakapan diunggah di media sosial Facebook. Berikut pernyataan lengkap Ridwan Kamil melalui akun resmi Instagramnya menanggapi pemecatan Robiatul Adawiyah:

"Ibu Robiatul Adawiyah, warga Jati Asih Bekasi, saya menghaturkan terima kasih karena hati nurani dan jari ibu sudah memilih saya kemarin. Tanpa diduga Konsekuensinya ternyata ibu diberhentikan oleh sekolah tempat ibu mengajar hanya dengan via WA, hanya karena beda coblosan dengan arahan sekolah. Sabaaar ya bu. Di Setiap cobaan hidup, selalu hadir juga pertolongan Allah.

Di setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Ibu juga orang baik karena sudah memaafkan mereka yang melanggar hak asasi ibu . Ahlak Ibu lah yang akan selalu kami jadikan contoh dan teladan. Insya Allah nanti saya sepenuh hati bantu untuk mencarikan ibu pekerjaan di tempat yang ibu nyaman lahir batin. Hatur nuhun pisan untuk pengorbanannya.

Cerita Ibu ini tidak akan pernah saya lupakan. Dan menjadi penyemangat agar saya selalu amanah dan menjaga kepercayaan mereka yang berkorban untuk keyakinannya menitipkan mimpinya kepada saya. Hatur Nuhun."

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).