Ini Jalur yang Dilewati Aksi 313 dan Pengalihan Lalu Lintasnya

Jumat 31 Maret 2017, 04:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Unjuk rasa bertajuk Aksi 313 yang digelar hari ini, Jumat 31 Maret 2017 akan melalui jalan-jalan di seputar kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Polisi telah mengantisipasi dengan menyiapkan beberapa jalur alternatif.

Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath mengatakan, setelah salat Jumat berjamaah, massa aksi akan long march ke Istana Kepresidenan dan menggelar unjuk rasa di sana. Rencananya massa aksi 313 ini akan melewati Jalan Merdeka Timur, Kedutaan Besar AS, Balai Kota DKI Jakarta dan bundaran Patung Kuda, hingga sampai di Istana.

"Melalui Jalan Merdeka Timur menuju ke depan Kedubes AS, belok kanan, Jalan Merdeka Selatan, melewati Balai Kota, bundaran Patung Kuda, belok kanan lagi, Jalan Merdeka Barat, sampai ke depan Istana," kata Al-Khaththath melalui keerangan tertulisnya, Jumat.

Ia memastikan, Aksi 313 akan selesai pada pukul 17.00 WIB dan akan berlangsung secara damai. "Insya Allah pukul 17.00 WIB sudah bubar," katanya.

Al-Khaththath menambahkan, usai berunjuk rasa di depan istana, massa akan pulang menuju lima titik yang disiapkan. Di lima titik itu pula, telah disiapkan lokasi untuk massa melangsungkan salat Maghrib berjamaah. Namun ia masih enggan menjabarkan lima titik yang dimaksud. "Akan diumumkan nanti," katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas terkait aksi 313 ini."Rekayasa lalu lintas disiapkan agar masyarakat tetap bisa beraktivitas normal," kata Kepala bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat, 31 Maret 2017.

Selain itu, lanjut Argo, pihaknya juga telah menyiapkan kantong parkir untuk para peserta aksi dengan total kapasitas penampungan ribuan kendaraan. "Kantong parkir juga kami siapkan di Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng dan di sepanjang Jalan Juanda situ ya," katanya.

Berikut adalah pengalihan arus lalu lintas selama aksi 313 berlangsung:

- Arus dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke kiri ke Jalan Juanda

- Arus dari Lapangan Banteng menuju Jalan Veteran dialihkan ke kanan ke Jalan Pos

- Arus dari Jalan Gunung Sahari menuju ke Jalan Dr Sutoyo diluruskan ke Jalan Senen Raya

- Arus dari Jalan Senen Raya menuju Jalan Budi Utomo diluruskan ke Jalan Gunung Sahari

- Arus dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira

- Arus dari arah Simpang Lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke Jalan Senen Raya-Jalan Wahidin

- Arus dari Cikini Raya menuju M Ridwan Rais dialihkan ke kanan Jalan Kwitang Raya atau arus dari Jalan Kwitang Raya diputarbalikkan ke Jalan Kwitang Raya, dan arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Kwitang Raya

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih atau Tanah Abang

- Arus lalu lintas dari arah Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Jalan Fachrudin

- Arus lalu lintas dari arah Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Fachrudin, begitu pula arus sebaliknya - kemudian di Jalan Kebon Sirih - Sarinah, arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju ke Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin - Jalan KH Mas Mansyur, dan seterusnya.

- Arus kendaraan dari arah Jalan Agus Salim dialihkan ke kanan ke Jalan Kebon Sirih - Tugu Tani, dan seterusnya.

- Arus lalu lintas di Bundaran HI, dari arah Sudirman ke arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang Jalan Kendal - Jalan Latuharhari, dan seterusnya. Atau dari Jalan Tanjung Karang belok ke kiri Jalan Blora, kembali lagi ke Sudirman arah Semanggi.

- Sedangkan, arus dari arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Blora - Jalan Kendal maupun Sudirman arah Semanggi.

- Arus kendaraan dari Jalan Imam Bonjol dibelokkan menuju ke Jalan Pamekasan.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).