Jessica dan Mirna, Sahabat Dekat yang Jauh

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Jessica Kumala Wongso, Wayan Mirna Salihin dan Boon Juwita alias Hani saling mengenal di kuliah kampus Billy Blue Collge of Design di Australia.

Jessica mengenal Hani terlebih dahulu, tepatnya tahun 2006. Setahun kemudian, mereka kedatangan seorang anak "baru" bernama Wayan Mirna Salihin.

Sebagai sesama perantau dari Indonesia, mereka kerap berkumpul dan bercengkrama ketika tidak disibukkan dengan tugas-tugas kuliah. Tak tentu memang waktunya, bisa sekali seminggu, sekali sebulan atau lebih. Walau tidak ada waktu pasti, ketiga perempuan berusia penghujung belasan tahun tetap menjalin komunikasi yang baik di antara mereka.

Jessica sendiri mengaku lebih dekat dengan Hani, yang dikenalnya lebih dulu daripada Mirna. Namun, selepas mereka diwisuda pada tahun 2008, Hani yang memilih kembali ke Indonesia lebih dulu mulai menjarangkan kontak dengan teman-temannya.

Mirna dan Jessica pun menjadi semakin akrab dibandingkan sebelumnya. Sikap Mirna yang blak-blakan dan kerap berterus terang ternyata tidak pernah dipermasalahkan oleh Jessica.

Kepulangan Mirna ke Indonesia tidak membuat persahabatan mereka terputus begitu saja. Mereka tetap saling kontak dan saling mencari ketika salah satu sedang ada di Indonesia maupun Australia.

Jessica menuturkan Mirna bisa sekali setahun berkunjung ke Australia. Pada tahun 2012, dia datang dengan calon suaminya Arief Soemarko, pada tahun 2013 bersama ibu dan adiknya dan terakhir tahun 2014 dia sendirian.

"Kalau ke Australia, Mirna pasti mencari saya," ujar Jessica.

Komunikasi terus berlanjut sampai akhirnya Jessica mengusulkan untuk membuat sebuah grup di aplikasi percakapan daring "WhatsApp". Mirna kemudian membuatnya dan mengundang Jessica, Hani dan Vera, salah satu teman kampus yang tidak bisa mereka tinggalkan begitu saja.

Tahun 2015, tepatnya 5 Desember, Jessica berkunjung ke Indonesia dan bisa ditebak, Mirnalah yang pertama kali dihubunginya. Bahkan ketika masih transit di Bandara Changi, Singapura, dia mengaku satu-satunya orang Indpnesia yang dikontak adalah Mirna, bukan, katakanlah, orang tuanya.

Beberapa hari setelah Jessica menikmati Jakarta, dia pun mengajak sahabatnya itu untuk bertemu. Akan tetapi saat itu Mirna tidak sendiri lagi karena Arief sudah menjadi suaminya.

"Kamu saya kontak gak bisa. Tadinya mau memberikan undangan ini," kata Mirna sambil menunjukkan kartu undangan pernikahan yang menurut Jessica, cantik.

Pengakuan Persahabatan kedua perempuan itu seolah terjalin indah hingga terjadi peristiwa mengguncangkan: Mirna meninggal dunia usai meminum kopi es vietnam di Kafe Olivier, Mal Grand Indonesia.

Semua pihak yang dekat dengan mereka sontak terkejut dan mungkin tidak bisa melupakan kejadian pada hari Rabu 6 Januaro 2016 itu. Apalagi diketahui, kopi yang diminum Mirna dipesan oleh Jessica Wongso.

Rencana Mirna, Jessica, Hani dan Vera untuk reuni dan makan malam di kafe mewah itu pun batal. Impian tertawa-tawa bahagia dengan teman lama berubah menjadi hal kelam yang tak disangka.

Jessica, Hani, yang berada tepat di samping Mirna saat perempuan tersebut kolaps mau tidak mau terseret dalam kasus pidana setelah pihak keluarga Mirna melaporkan semuanya ke polisi.

Pemeriksaan dilakukan dengan segera. Semua bukti dikumpulkan dan muncullah nama tersangka yaitu Jessica Wongso. Dia pun ditahan dan naik statusnya menjadi terdakwa.

Dan ketika diperiksa di depan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang dipimpin Kisworo, Jessica pun mengungkapkan hal cukup mengejutkan.

Jessica mengaku dirinya hampir tidak pernah membicarakan masalah pribadi, terutama yang negatif, dengan Mirna.

Dia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memberi tahu Mirna dengan siapa dia sedang menjalin hubungan khusus, tidak pernah memberi tahu permasalahannya di Australia dan bahkan tidak memberi tahu bahwa tujuan sebenarnya dia ke Indonesia pada Desember 2015 adalah karena ingin menenangkan diri setelah bertikai dengan atasan kantor yang berujung pada berhentinya dia dari pekerjaan.

Sebenarnya, suami Mirna, Arief Soemarko, dalam kesaksian di persidangan sempat mengungkapkan hubungan buruk antara istrinya dan Jessica.

Pertemuan di Sydney pada tahun 2014, kata Arief, menjadi awal dari masa kelam tersebut. Menurut dia, saat itu Mirna merasa Jessica marah dengan dirinya karena memberikan nasihat tentang kekasih Jessica.

Istrinya menjadi takut bertemu Jessica. Ketika akan bertemu di Grand Indonesia pada 6 Januari 2016, Mirna, menurut Arief juga terlihat tidak nyaman akan bertemu Jessica dan harus menunggu Hani sebelum menuju Olivier.

Namun, terdakwa menyanggah keterangan tersebut. Malah dia mengatakan bahwa Mirnalah yang curhat mengenai hubungannya yang tidak terlalu baik dengan Arief yang telah melamarnya, juga kekesalan bahwa dirinya tidak diakui oleh calon mertua.

Mirna pun berkeluh kesah tentang keluarganya, di mana kembarannya, Sandy, yang menikah karena hamil di luar nikah dan adiknya yang pergi ke Jepang hanya berdua dengan pacarnya.

Apapun itu, pro dan kontra meninggalnya Mirna masih berlanjut. Perkara ini masih belum bisa dipastikan sampai adanya keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Sampai saat itu tiba, kasus ini masih gelap.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati