Menu

25 Sep 2016, 10:14 WIB

Agus Prayogo Sabet Medali Emas Meski Kaki Lecet

Agus Prayogo. | Sumber Foto:Antara

SUKABUMIUPDATE.COM - Pelari nasional Agus Prayogo yang memperkuat Jawa Barat berhasil menyabet medali emas nomor lari 10.000 meter pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Minggu pagi, meskipun mengalami lecet pada kaki kanannya.

Pelari kelahiran Kota Magelang, Jateng, tersebut mencapai garis finis pertama dengan catatan waktu 30:23.98, sedangkan medali perak diraih pelari Sumatera Selatan Jauhari Johan dengan catatan waktu 31:36.81, sedangkan perunggu diraih pelari DI Yogyakarta Nurshodiq dengan catatan waktu 31:41.41.

Sejak bendera dikibaskan, Agus Prayogo langsung meluncur terdepan meninggalkan lawan-lawannya bahkan sempat |overlap| sekali dengan lawan-lawannya, bahkan jaraknya cukup jauh. Lomba lari 10.000 meter putra pesta olahraga empat tahunan di Jawa Barat ini diikuti enam pelari yaitu Nurshodiq (DI Yogyakarta), Jauhari Johan (Sumsel), Wilder Karolis (Aceh), Agus Prayogo (Jabar), Surianto (Sulsel), dan Welman D Pasaribu (Sumut).

"Memasuki putaran tujuh kilometer kaki kanan saya lecet sehingga saya tidak berani memaksakan diri karena saya masih akan turun satu nomor lagi yaitu lari maraton (42,195 kilometer," kata suami dari Herlina Dewi Andhika tersebut.

Ia mengakui sebenarnya berusaha untuk memecahkan rekor PON atas namanya sendiri (30:11.01) tetapi karena kondisi seperti ini (kaki lecet) maka saya hanya mengamankan medali emas saja," kata ayah dari Febyolla Az Zahra.

Tetapi, lanjut dia, kondisi seperti ini (kaki lecet) tidak akan mempengaruhi penampilannya pada nomor lari maraton yang dimainkan hari terakhir pelaksanaan cabang olahraga atletik PON XIX, Rabu (28/9) pagi karena masih ada sisa waktu untuk memulihkannya.

Menyinggung bisa "overlap" pada lomba ini, dia mengatakan, sejak start dirinya hanya lari sendirian, artinya di depan. "Saya lihat kompetitornya kurang sehingga begitu star saya langsung lari sendirian bahkan sempat overlap," katanya Minggu.

Dengan keberhasilan meraih medali emas di nomor lari 10.000 meter putra ini, Agus Prayogo yang tercatat sebagai prajurit TNI AD dan berdinas di Kodam III/Siliwangi ini sudah mengoleksi dua medali emas karena sebelumnya juga meraih emas dari nomor lari 5.000 meter.

Agus Prayogo kini tercatat sebagai pelari pelatnas yang dipersiapkan tampil pada SEA Games 2017 Malaysia dan menjalani latihan di Bandung, Jabar. Selain meraih dua medali emas SEA Games 2011, Agus juga meraih satu emas pada SEA Games 2009 Laos pada nomor lari 5.000 meter dan dua emas dan satu perak pada PON 2012 Riau (saat itu masih bergabung dengan Jawa Tengah).

Sumber : Antara
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit travelers yang merasa khawatir dengan kesehatan mereka saat traveling karena ancaman virus corona baru atau Covid-19. Belum lama ini, sepasang penumpang pesawat di Australia diketahui rela...

SUKABUMIUPDATE.com – Kasus tewasnya Raisad Laksana P, siswa MAN 1 Cibadak yang dibacok oleh pelajar sekolah lainnya mengejutkan publik Sukabumi. Korban diserang dan dibacok pelajar lainnya usai menonton pertandingan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya