Aher: Jabar Penyelenggara PON Terbesar Dalam Sejarah

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Ketua Umum PB PON XIX yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan Provinsi Jawa Barat adalah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dalam sejarah olahraga di Indonesia.

"Tentunya dalan penyelenggaran PON ini perhatian kami tidak terbatas pada jumlah pertandingan, sumber daya manusia terbanyak dalam sejarah PON di indonesia, namun juga pada terbangunnya berbagai sarana olahrahga untuk pembinaan olahraga yang tersebar di 16 kabupaten/kota," kata Ahmad Heryawan dalam sambutannya pada Upacara Pembukaan PON XIX, di Stadion GBLA, Sabtu malam.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan PON XIX mempertandingkan 44 cabang olahraga dengan 756 nomor pertandingan serta memperebutkan 2.492 medali yang terdiri dari 756 emas, 796 perak, 980 perunggu.

"Sedangkan SDM (sumber daya manusia) yang terlibat dalam PON XIX kali ini ialah empat ribu official, 10 ribu panitia pelaksana dan 18 ribu relawan, Angka ini belum termasuk di cabang olahraga eksibisi yang dilaksanakan di 11 kabupaten/kota," ujar dia.

Sementara itu, lanjut Aher, untuk mendukung pertandingan tersebut disiapkan 62 venue yang tersebar di 16 kabupaten/kota, ajalan akses dan kelengkapan atau sarana prasarana olahraga bertansdar nasional dan internasional yang didukung dengan teknologi tinggi.

Ia mengatakan manfaat awal dari PON XIX ialah dimiliki aset luar biasa dalam bentuk sarana pra sarana olahraga berstandar internasional contohnya Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Pakan Sari di Bogor, Stadion Wibawa Mukti di Bekasi dan Stadion Patriot di Kota Bekasi.

"Kami juga miliki Lapangan Pacuan Kuda berstandar internasional yang berada di bibir pantai yakni di Kabupaten Pangandaran lalu terbangunan kawasan Olaraga Terpadu Arcamanik Kota Bandung dan Kompleks Olahraga si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung," katanya.

Oleh karena itu, kata Aher, ditunjuknya Jawa Barat sebagai tuan rumah dan penyelenggaran PON XIX/2016 sungguh merupakan kehormatan tantangan dan tanggungj jawab besar dalam menyiapkan segala sarana pra sarana dan manajemen pertandingan dalam sektor olahraga.

Lebih lanjut dalam sambutan ia mengucapkan selamat bertanding bagi para atlet di Tanah Legenda dalam ajang PON XIX Tahun 2016 di Jawa Barat.

"PON mendorong kebangkitan ekonomi yang cukup signifikan sehingga makna yang ingin kami raih tercermin di tema Berjaya di Tanah Legenda yang mencerminkan motivasi semangat dan cita-cita bahwa penyelenggaran PON akan jadi momentum unuk memajukan kejayaan olahraga. Selamat bertanding di Tanah Legenda," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi