Menu

14 Agu 2016, 17:46 WIB

Alhamdulillah, 29.818 Jamaah Haji Sudah Berada di Madinah

Jemaah disambut petugas haji di Madinah. | Sumber Foto:istimewa

SUKABUMIUPDATE.COM - Sebanyak 29.818 calon haji gelombang pertama dari Indonesia telah berada di Madinah,Arab Saudi untuk menunaikan ibadah Arbain, atau shalat wajib 40 rakaat tanpa putus di Masjid Nabawi, sebelum menjalani prosesi haji di Mekkah. Kepala Daker Airport Madinah Nurul Badruttamam, Minggu (14/8) menyebutkan data tersebut merupakan jumlah kedatangan jamaah mulai Selasa (9/8) hingga Minggu pukul 08.00 waktu Arab Saudi. 

Jamaah itu diterbangkan dalam 74 kelompok terbang dengan didampingi total 370 petugas kloter dengan menggunakan pesawat PT Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Jamaah gelombang pertama ini akan berada di Madinah selama lebih kurang sembilan hari untuk menyelesaikan Arbain.

Sementara itu dalam pernyataan terpisah, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menjelaskan paling tidak ada tiga hal yang dilakukan jamaah haji saat mendarat di bandara.

Pertama, proses imigrasi dan pengecekan visa, disini jemaah harus melakukan pengecekan sidik jari. Kedua keluar melalui pintu pemeriksaan, seluruh barang bawaan masuk pemindai barang menggunakan sinar x. Ketiga menuju ruang tunggu dan selanjutnya menuju pemondokan dengan bus.

"Selama perjalanan menuju hotel, dokumen paspor jemaah haji dikumpulkan oleh petugas dan disimpan. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dokumen jamaah selama di Saudi" katanya.

Pemeriksaan terhadap barang bawaan jamaah merupakan bagian tak terpisahkan dari proses imigrasi oleh petugas Arab Saudi. Agar proses lancar maka jamaah diimbau untuk memastikan kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa serta tidak membawa barang yang dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi, seperti obat-obatan atau rokok secara berlebihan.

Data terakhir menyebutkan dua orang jamaah haji meninggal dunia di Madinah, atas nama Senen bin Dono Medjo (79) asal Ponorogo, Jawa Timur dan Nurhayati binti Said (68) asal Aceh Tenggara.

Sumber : istimewa
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolsek Jampang Tengah AKP Usep Nurdin menyatakan, truk melaju dari arah Jampang Tengah menuju Kota Sukabumi, sedangkan Kijang melaju dari arah Panggeleseran menuju arah Jampang Tengah. Tiba...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar kepergian Reni Marlinawati yang mendadak membuat publik masih tak menyangka. Waketum PPP yang pernah menjadi anggota DPR RI mewakili Kota dan Kabupaten Sukabumi ini wafat pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 2.473 kasus pada Jumat, 7 Agustus 2020. Dilansir dari tempo.co, saat ini, total kasus positif Covid-19 di...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sukabumi kembali bertambah. Dalam update data Jumat (7/8) total kasus covid-19 di Kota Sukabumi terkini ada 93 orang atau bertambah...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya