Light Dark

Mulai 7 Desember Ribuan TNI-Polri Kawal Pilkada di Jabar, Termasuk Sukabumi

Jawa Barat | 04 Dec 2020, 13:07 WIB

Mulai 7 Desember Ribuan TNI-Polri Kawal Pilkada di Jabar, Termasuk Sukabumi

Jawa Barat | 04 Dec 2020, 13:07 WIB
Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri, serta unsur Forkopimda Jawa Barat lainnya saat mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/12/2020). | Sukabumiupdate.com/Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolda jawa barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, sebanyak 7.000 anggota TNI-Polri disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan pemungutan suara pilkada 9 Desember nanti di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Barat.

Dofiri menyebut, mulai tanggal 7 Desember ini seluruh petugas mulai diterjunkan ke setiap wilayah di Jawa Barat, termasuk Sukabumi. Di Jawa Barat sendiri ada 8 daerah yang menggelar pilkada serentak, antara lain Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok.

"Untuk pengamanan tahapan-tahapan sudah kita lalui mulai dari pendaftaran, kampanye, dan minggu tenang sampai nanti pencoblosan itu sudah diatur," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (4/12/2020) saat mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi bersama unsur Forkopimda Jawa Barat lainnya.

Dofiri juga meminta setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota agar menjaga kondusifitas. Ia menegaskan TNI-Polri telah berkomitmen menyiapkan penguatan agar ajang lima tahunan ini berlangsung sukses tanpa ekses.

BACA JUGA: Kapolda Jabar Ingatkan Prokes saat Pencoblosan di Pilkada Nanti, Termasuk Sukabumi 

"Kita doakan berjalan dengan baik dan lancar. Tadi ada laporan juga dari salah satu kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang paling terjauh terkendala akses, tapi mereka sudah sedemikian rupa dan kerja keras untuk keberlangsungan pilkada ini," tandasnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi telah melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (10/10/2020) lalu di Hotel Pangrango Sukabumi.

Dalam berita acara Nomor: 139/PL.02.1-BA/3202/KPU-KAB/X/2020, total DPT adalah 1.816.214, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 916.120 dan perempuan 900.094 pemilih. DPT tersebut tersebar di 47 kecamatan, 386 kelurahan/desa, dan 5.171 tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam persiapan menuju pemungutan suara nanti, KPU Kabupaten juga telah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Berdasarkan data yang diberikan kepada awak media, total ada 1.861.619 surat suara yang disortir. Dari jumlah itu, 1.860.613 surat suara dinyatakan dalam kondisi baik dan 1.006 lainnya dalam kondisi rusak.

Angka tersebut didapat dari hasil sortir dan pelipatan surat suara yang dilakukan pada tanggal 21-26 November 2020 di Gudang KPU Kabupaten Sukabumi, di Jalan Raya Siliwangi Cibadak. Penyortiran dan pelipatan surat suara ini melibatkan 250 petugas.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter