//
Menu

22 Nov 2020, 13:47 WIB

Minim Sarpras, H.A Sopyan: Nelayan Bekontribusi Tinggi Pada PDRB Kabupaten Sukabumi

Anggota DPRD Jawa Barat, H.A Sopyan saat kegiatan reses 1 masa sidang 2020-2021. | Sumber Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian warga Desa Pangumbahan, Kecamatan Cicarap, Kabupaten Sukabumi sudah sejak lama berprofesi menjadi nelayan tangkap.

Keberlangsungan usaha ini masih menghadapi kendala dan masih membutuhkan sarana dan prasarana pendukung, berupa kebutuhan kapal nelayan hingga pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Kondisi ini dikeluhkan oleh sejumlah nelayan Desa Pangumbahan saat bertemu dan bersilahturahmi dengan anggota DPRD Jawa Barat, H.A. Sopyan BHM dalam reses I tahun sidang 2020–2021 di Kampung Ciburial, Rabu (11/11/2020) lalu.

Momentum itu dimanfaatkan nelayan untuk menyampaikan aspirasinya soal sarana dan prasarana (Sarpras) usaha nelayan yang dirasa belum optimal.

BACA JUGA: Benih Bawang dan Alsintan jadi Aspirasi Reses H.A Sopyan di Ciracap Sukabumi

"Para nelayan tangkap di Pangumbahan meminta saya untuk memperjuangkan bantuan kapal dan pembangunan TPI, dua kebutuhan ini dimaksudkan agar hasil usaha mereka makin meningkat," terang H.A Sopyan kepada sukabumiupdate.com beberapa waktu lalu.

Sopyan menilai, sektor perikanan selama ini menjadi salah satu lapangan usaha yang memberikan kontribusi tinggi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Sukabumi. Karena itu, lanjutnya, dukungan pemerintah harus fokus kepada kebutuhan-kebutuhan dasar nelayan.

"Aspirasi ini akan saya fasilitasi ke pemerintah provinsi agar masuk dalam perencanan dan penganggaran, karena faktanya baik desa maupun kabupaten memiliki keterbatasan anggaran," tegas mantan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jawa Barat ini.

BACA JUGA: Warga Tegalbuleud Sukabumi Butuh GOR, H.A Sopyan: Saya Perjuangkan

Mengutip dari dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2021, sampai tahun 2019 data menunjukan besaran kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan terhadap total nilai PDRB Kabupaten Sukabumi memiliki kontribusi lebih dari 15 persen terhadap perekonomian Kabupaten Sukabumi.

Hal ini menunjukan sektor perikanan menjadi salah satu sektor yang memiliki nilai tambah ekonomi yang tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : KOKO MUHAMAD
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) nomor 22 tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya