Berjuang Sendiri, Kisah Perajin Wayang Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu 18 November 2020, 06:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir sangat berdampak pada persoalan sosial masyarakat. Tak terkecuali bagi Ishak Suhendar, seorang perajin wayang golek asal Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur

Abah Ishak, sapaan akrabnya, telah menekuni profesi sebagai perajin wayang golek sejak 1980. Telah ribuan tokoh wayang yang dihasilkan dari keahliannya itu. Bahkan, hasil karya seninya itu tak hanya diminati masyarakat lokal tapi juga luar negeri. 

Namun kondisi pandemi yang melanda hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat usahanya tak seramai dulu. Sudah tak ada pemesanan wayang yang diterimanya. 

BACA JUGA: Video: Upaya Sanggar Pancanaka Jaga Kelestrian Wayang Golek

Meskipun begitu, kecintaannya terhadap seni pewayangan tak menyurutkan Abah Ishak untuk terus berkarya dan berinovasi. 

Di teras rumahnya yang jauh dari kata layak, dengan menggunakan limbah dari berbagai jenis kayu yang didapat dari hutan disekitar tempat tinggalnya, Abah Ishak terus berinovasi membuat wayang golek dengan berbagai tokoh dan karakter. 

"Tak hanya dalang dan masyarakat, turis mancanegara pun banyak yang membeli untuk koleksi atau dijadikan cenderamata. Tapi sekarang, sudah sangat jarang ada yang pesan," kata Abah Ishak kepada wartawan, Rabu (18/11/2020). 

Abah Ishak tetap bertekad untuk terus melestarikan seni pewayangan yang saat ini sudah hampir terlupakan, terutama oleh generasi muda. 

"Minat masyarakat terhadap wayang golek mulai menurun, bahkan peminat malah semakin berkurang. Wayang golek tersebut merupakan warisan budaya yang turun temurun sehingga wajib untuk terus dilestarikan," ujarnya. 

BACA JUGA: Upaya Sanggar Pancanaka Jaga Kelestrian Wayang Golek di Daerah Selatan Sukabumi

Wayang golek hasil karya Abah Ishak itu dibanderol dengan harga beragam mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta. Bahkan, Abah Ishak juga membuat miniatur wayang golek yang dibanderol harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu. 

"Tingkat kesulitan dalam membuat wayang golek ini, yaitu jenis ukiran dari karakter wayang. Bahkan, Abah juga dapat membuat wayang sesuai dengan pesanan, tidak hanya karakter dari pewayangan saja," ucapnya. 

Abah Ishak berharap di tengah masa pandemi Covid-19 ini pemerintah daerah dapat melirik atau memberikan respon terhadap profesinya itu. Mengingat hingga saat ini tak pernah sedikitpun Abah Ishak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Cianjur

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)