Light Dark

Respon Aspirasi Soal Peternakan di Sukabumi, Hendar: Teknologi Bisa Tingkatkan Produktifitas

Jawa Barat | 09 Nov 2020, 08:05 WIB
Reses kesatu tahun sidang 2020-2021 anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Demokrat Hendar Darsono di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/11/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi Partai Demokrat Hendar Darsono mengatakan, dengan pelatihan dan teknologi maka pendapatan serta produktifitas dari hasil perternakan akan semakin meningkat. 

Hal itu diungkapkan anggota DPRD dari Fraksi Demokrat merespon aspirasi warga dalam Reses kesatu tahun sidang 2020-2021 di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/11/2020).

BACA JUGA: Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Talaga Sukabumi, Ini Catatan Hendar

Pada Reses tersebut masyarakat mengemukakan sejumlah aspirasinya kepada anggota Komisi II ini diantaranya meminta akses permodalan UKM seperti contoh bantuan kelompok perternakan dan kelompok perikanan. "Karena di daerah situ, lebih kepada (usaha) pertanian dan perikanan. Kalau tidak tani, sawah, kebun, (usaha) penyuplai ikan," jelasnya.

Bidang usaha masyarakat itu cocok dengan Komisi II yang diantaranya membidangi ketahanan pangan, pertanian tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan. "Terus minta pelatihan peternak domba. Populasi ternak domba banyak namun beternak secara tradisional. (Pelatihan) untuk meningkatkan produktifitas, meningkatkan daya ekonomi, pendapatan. Kalau manual hasilnya segini, sedangkan kalau dengan pelatihan dan teknologi bisa meningkat," jelasnya.

BACA JUGA: Hendar Reses di Sukajaya Sukabumi, Soal Air Bersih, Modal Hingga Jamkes Dibawa ke Jabar

Menurut dia, apa yang disampaikan oleh masyarakat sesuai dengan program yang dibidanginya. "Masuk dengan program provinsi tinggal kita mengusulkan saja," jelasnya.

Selain menyerap aspirasi masyarakat terkait peternakan, masyarakat menyampaikan soal infrastuktur dan sarana pendidikan yaitu keinginan vaping blok madrasah diniyah di desa tersebut, kemudian meminta jembatan penghubung Desa Caringin Wetan dengan Desa Talaga yang memadai.

Masyarakat ingin jembatan itu diperlebar agar bisa mendorong daya ungkit ekonomi masyarakat. "Jembatannya sudah permanen cuman (hanya) masuk motor," kata Hendar.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter