//
Menu

25 Okt 2020, 21:32 WIB

BMKG Catat Puluhan Rumah di Jabar Terdampak Gempa 5.9 M di Zona Subduksi Megathrust

Salah satu rumah terdampak gempa bumi magnitudo 5.9 di selatan Pulau Jawa, Minggu (25/10/2020).

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi magnitudo 5.9 di selatan Pulau Jawa, tepatnya di perairan Kabupaten Pangandaran pada Minggu (25/10/2020) pagi pukul 07.56 WIB menyebabkan puluhan rumah di Jawa Barat rusak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat total 29 rumah di lima kabupaten di Jawa Barat terdampak. Data tersebut dihimpun BMKG dari Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, hasil koordinasi dengan Pusdalops kabupaten/kota.

Rinciannya, di Kabupaten Pangandaran 5 rumah rusak ringan, Kabupaten Ciamis 13 rumah rusak sedang dan ringan, Kabupaten Tasikmalaya 7 rumah rusak ringan, Kabupaten Garut 1 rumah rusak berat, serta Kota Tasikmalaya 2 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang.

BACA JUGA: Gempa 5.9 M Selatan Jabar, BMKG: Aktivitas di Zona Subduksi Megathrust

"3 orang mengalami luka ringan. 2 orang dari Kabupaten Ciamis dan 1 orang dari Kota Tasikmalaya. Korban jiwa nihil. Korban luka sudah dilarikan ke klinik terdekat," ujar Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Diberitakan sebelumnya, guncangan gempa dirasakan di daerah Sukabumi, Tasikmalaya, Pangandaran dalam skala intensitas III-IV MMI. Kuningan, Garut, Cilacap dengan intensitas III MMI. Kabupaten Bandung, Kebumen, Kutoarjo, Banyumas, Banjarnegara, Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul, Yogyakarta dengan intensitas II-III MMI. Kota Bandung, Tegal dengan intensitas II MMI.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Daryono.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah ruang kelas di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi ambruk pada Sabtu (5/12/2020) sekira pukul 05.00 WIB. Perangkat Desa Rambay Samhudin mengatakan,...

SUKABUMIUPDATE.com – Jumlah petugas medis dan tenaga kesehatan di Indonesia yang wafat akiba Covid-19 tris bertambah. Bahkan - Dalam kurun waktu seminggu pertama bulan Desember 2020, angka kematian tenaga...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Kampung Cipeusing RT 01/05 Desa dan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, berinisiatif mendirikan Bank Sampah Cipeusing (BSC). Selain untuk memberikan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke Sungai...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, memasuki masa tenang pilkada serentak 2020 ini pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara yang rusak. Ferry menuturkan, format...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya