Menu

19 Sep 2020, 10:20 WIB

Bantuan 3 Ventilator dari Astra Financial, Kali Ini untuk Masyarakat Jawa Barat

3 ventilator dari Astra Financial diserahkan langsung kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (tengah). Hadir dalam penyerahan ini Kawil FIFGROUP Jabar 1, Indra Suryawan (kedua dari kanan), Area Manager Sales ACC Jabar, Rudi Wiseno (paling kanan). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, kembali hadir untuk berbagi, seiring dengan meningkatnya data masyarakat terdampak Covid-19 dan sesuai dengan motto Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri."

Pada kesempatan berbagi kali ini, Astra Financial menyerahkan ventilator yang merupakan alat bantu pernapasan, merupakan komponen vital dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis. Pemberian bantuan ventilator menjadi salah satu bentuk kontribusi Astra Financial untuk mendukung upaya tenaga medis di rumah sakit.

Sebanyak 3 Ventilator dari Astra Financial diserahkan langsung kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bertempat di Gedung Negara Pakuan Bandung pada Jumat, 18 September 2020 didampingi oleh Ketua Divisi Kemitraan Pemprov Jawa Barat, Dodit Pancapana dan Ketua Komisi V DPRD, Dadang Kurniawan. Hadir dalam penyerahan ini adalah Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Barat 1, Indra Suryawan , Area Manager Sales Astra Credit Companies (ACC) Jawa Barat, Rudi Wiseno.

Dari kiri ke kanan: Kepala Wilayah (Kawil) Auto2000 Jawa Barat Ricky Rusdiono, Chief Operation Officer Auto2000 Ivan P. Sadik, Koordinator Wilayah (Korwil) Astra Financial Jawa Barat Yulianto, Ketua Divisi Kemitraan Pemprov Jawa Barat Dodit Pancapana, Ketua Komisi V DPRD Dadang Kurniawan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Area Manager Sales Astra Credit Companies (ACC) Jawa Barat Rudi Wiseno dan Kawil FIFGROUP Jawa Barat 1 Indra Suryawan.

Suparno Djasmin, Director In Charge (DIC) Astra Financial mengatakan bahwa, “Di tengah kondisi pandemik seperti sekarang ini ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Dan, Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini. Oleh sebab itu, Astra mengupayakan pengadaan ventilator di beberapa provinsi, dimana hari ini adalah penyerahan ketiga dari Astra Financial sebanyak 2 unit ventilator yang berasal dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan 1 unit ventilator dari PT Federal International Finance (FIFGROUP). Kami berharap Bapak Gubernur bisa menerima dengan baik bantuan Astra Financial ini untuk diserahkan ke rumah sakit yang membutuhkan.”

Pemberian ventilator pertama dari Astra Financial telah diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 9 September 2020 lalu yang bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 5 unit ventilator yang berasal dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) sebanyak 2 unit, dan PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) sebanyak 3 unit. Berikutnya, pada tahap kedua telah diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara pada Senin, 14 September 2020, kemarin ini, yang berasal dari FIFGROUP sebanyak 3 unit. Serta penyerahan ketiga juga telah dilaksanakan pada Rabu, 16 September 2020 bertempat di Kantor Walikota Singkawang yang diterima langsung oleh Walikota Singkawang, Tjhai  Chui Mie, S.E., M.H. sebanyak 1 unit yang berasal dari FIFGROUP.

Dimulai di Jakarta

Sebelumnya, pada tanggal 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membagikan 30 ventilator kepada 3 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 diJakarta, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (5 unit), bertujuan membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut.

Kemudian, 10 ventilator yang merupakan tahap kedua, sudah disalurkan ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada bulan Juni – Juli lalu. Astra Financial membantu menyerahkan 2 unit ventilator di Sumatera Utara.

Pada tahap ketiga, Grup Astra juga akan menyerahkan 40 unit ventilator, di mana Astra Financial mendapat porsi 15 unit ventilator dan diawali dengan penyerahan 5 ventilator di Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan penyerahan yang kedua di Sumatera Utara, lalu penyerahan ketiga dilangsungkan di Singkawang, serta penyerahan keempat dilakukan hari ini kepada masyarakat Jawa Barat.

Berikutnya, dalam waktu dekat akan diserahkan juga 3 ventilator dari PT Federal International Finance m(FIFGROUP) yang dibagikan ke Nusa Tenggara Barat (1 unit) dan Bali (2 unit).

“Sesuai dengan arahan Astra International Tbk kami kebagian 15 unit ventilator untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dalam merawat pasien Covid-19. Ini merupakan kontribusi dari perusahaan Astra Financial, yaitu PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini,” tutur Suparno.

Bantuan Selama Pandemi

Kiprah Astra Financial Selama Pandemi

Untuk penanganan yang terdampak Covid-19 di Indonesia, Grup Astra telah menyerahkan bantuan mulai dari April 2020. Hingga saat ini, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan dari tahap pertama hingga tahap keempat senilai Rp 131 miliar.

Astra Financial juga mendukung program tersebut, antara lain, Astra Financial telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak mulai bulan April 2020, yaitu 10.000 paket sembako senilai Rp 2 miliar untuk Sumatera Utara (Sumut) yang diserahkan langsung kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. 

Rincian bantuan yang telah dilakukan oleh Astra Financial, yaitu pembagian sembako FIFGROUP dalam rangka turut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan 

menyalurkan sebanyak 45.300 paket sembako @ Rp 200.000 (senilai Rp 9,06 miliar) di 620 titik di seluruh Indonesia dari tanggal 07 April 2020 – 20 April 2020. Sehingga selama bulan April 2020 saja total paket sembako yang diserahkan Astra Financial sebesar 55.300 paket atau senilai Rp 11,06 miliar.

Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Sedaya Finance – ACC, Asuransi Astra Buana -- Asuransi Astra dan PT Toyota Astra Financial Services – TAF, PT Komatsu Astra Finance – KAF, PT Surya Arta Nusantara Finance – SANF), secara bertahap telah menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @ Rp 200.000 (senilai Rp 2,518 miliar), sehingga total yang diserahkan seluruh Astra Financial per 12 Mei 2020 mencapai 67.890 paket (senilai Rp 13,578 miliar).

Kemudian, tiga Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Welab Digital Arta – AWDA, PT Astra Aviva Live, PT Astra Mitra Ventura – AMV) dan PT Serasi Auto Raya (SERA) juga telah menyerahkan bantuan sembako sebanyak 3.370 paket kepada masyarakat terdampak Covid-19 di berbagai wilayah @ Rp 200.000 (senilai Rp 674 juta), sehingga total bantuan sembako seluruh Astra Financial dan SERA per 13 Mei 2020 mencapai 71.260 paket (senilai Rp 14,252 miliar). Selain itu, Astra Financial juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) di berbagai Rumah Sakit di beberapa Provinsi.

Tentang Astra Financial

Astra Financial bermula ketika tahun 1981 Astra International Tbk. membeli saham mayoritas PT. Maskapai Asuransi Buana atau Asuransi Astra yang didirikan pada tahun 1957. Seiring dengan perkembangan usahanya, Astra Financial saat ini memiliki beberapa lembaga jasa keuangan yang terdiri dari Pembiayaan, Asuransi, Modal Ventura, Dana Pensiun dan Teknologi Keuangan.

10 Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung dalam Astra Financial, antara lain:

1. FIFGROUP merek dari PT Federal International Finance, yang merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor merek Honda (FIFASTRA) dan beragam pembiayaan konsumen.

2. ACC merek dari PT Astra Sedaya Finance, yang menawarkan pembiayaan mobil segala merek. 

3. TAF merek dari PT Toyota Astra Financial Services, yang menawarkan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus.

4. Asuransi Astra merek dari PT Asuransi Astra Buana, yang menawarkan produk dan layanan asuransi umum berupa perlindungan asuransi kendaraan bermotor (Garda Oto dan Garda Motor), kesehatan (Garda Medika) dan usaha komersial.

5. Astra Life merek dari PT Astra Aviva Life, yang menyediakan produk asuransi jiwa yang komprehensif berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).

6. SANF merek dari PT Surya Artha Nusantara Finance, yang fokus usahanya pada pembiayaan alat berat.

7. Komatsu Astra Finance (KAF) merek dari PT Komatsu Astra Finance, yang menyediakan solusi pembiayaan alat berat merek Komatsu di Indonesia dan produk pendukungnya yang dipasarkan oleh PT United Tractors Tbk. (UT).

8. Astra Ventura merek dari PT Astra Mitra Ventura, yang menyediakan fasilitas pembiayaan dan penyertaan modal yang disertai dengan aktivitas pendampingan kepada Debitur dan  Pasangan Usaha.

9. Dana Pensiun Astra yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti untuk Karyawan Astra.

10. Maucash merek dari PT Astra Welab Digital Arta (AWDA), menawarkan produk pinjaman yang dapat diakses melalui aplikasi mobile kepada konsumen ritel dan juga menyediakan solusi finansial berbasis teknologi kepada konsumen korporasi.

11. SERA merek dari PT Serasi Auto Raya, yang merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi bertemu manajemen BRI untuk membahas mekanisme penyaluran BPUM (Bantuan Permodalan Usaha Mikro). Pemerintah daerah tak ingin proses penyaluran bantuan uang Rp 2.4 juta tersebut...

SUKABUMIUPDATE.com - Tersiarnya kabar soal salah satu pegawai Sekretariat Daerah (Setda) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi terpapar virus corona atau Covid-19, ditanggapi Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Koordinator Unit Teknis Medis Satgas Covid-19 Kabupaten...

SUKABUMIUPDATE.com - Uni Emirat Arab atau UEA menetapkan nama Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan di Abu Dhabi pada 19 Oktober 2020. Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo alias President...

SUKABUMIUPDATE.com - Kampanye tatap muka masih menjadi pilihan dan banyak dilakukan oleh para pasangan calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pada Pilkada Serentak 2020.  Hal itu diungkapkan Komisioner Badan Pengawas...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya