Safari Gemar Ikan, Budhy: Angka Stunting di Cianjur 33,5 persen

Minggu 21 Juni 2020, 18:12 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menyerahkan secara simbolis paket Gemar Makan Ikan di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Minggu (21/6/2020).

Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menyerahkan secara simbolis paket Gemar Makan Ikan di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Minggu (21/6/2020).

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Komisi IV DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Cianjur menggelar kampanye Gerakan Makan Ikan melalui Safari Gemar Ikan 2020. Kegiatan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini dalam rangka peningkatan konsumsi ikan masyarakat. 

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Budhy Setiawan, menjelaskan, pada tahun 2020 dilakukan perluasan Safari Gemar Ikan berupa pemberian bantuan ikan atau olahan ikan di 110 kabupaten/kota yang dijadwalkan pada bulan Juni sampai dengan Oktober 2020.

BACA JUGA: Cegah Covid-19 dan Stunting, KKP dan DPR RI Bagikan 3,5 Ton Ikan di Sukabumi

Kegiatan Safari Gemar Ikan dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Cianjur dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Minggu (21/6/2020).

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan konsumsi ikan, mendukung penurunan stunting, mempromosikan produk perikanan sebagai makanan kaya gizi dan protein, dan menyerap produksi ikan dan produk olahannya sekaligus menyalurkan pada masyarakat untuk menjamin pemenuhan gizi dan kesehatan," ujar Budhy kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).

BACA JUGA: Sebab Masih Banyak Anak Alami Gizi Buruk dan Stunting

Menurut Budhy, target penerima bantuan sebanyak 500 orang yang berasal dari unsur stunting (ibu hamil dan/atau menyusui, anak balita & remaja putri produktif), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan kondisi sosial ekonomi terendah di daerah pelaksanaan kegiatan, masyarakat terdampak bencana atau Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti wabah penyakit.

Berdasarkan data Susenas (2018) AKI Kabupaten Cianjur sebesar 18,56 kg/kapita masih di bawah capaian AKI Provinsi Jawa Barat sebesar 29.64 kg/kapita. Apabila melihat angka tersebut masih jauh di bawah capaian AKI Nasional sebesar 50,69 kg/kapita. 

BACA JUGA: Keseruan Gebyar Germas dan Penanganan Stunting di Palabuhanratu Sukabumi

"Kabupaten Cianjur juga merupakan salah satu daerah prioritas penangananan stunting. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur tahun 2018, angka stunting di Kabupaten Cianjur sebesar 33,5 persen lebih tinggi dari Provinsi Jabar sebesar 29,9 persen (2,7 juta balita stunting). Hal itu menunjukan bahwa dari 100 balita di Cianjur, terdapat 33 balita stunting," kata Budhy.

Pada kegiatan Safari Gemar Ikan tersebut, Budhy secara simbolis menyerahkan paket olahan ikan secara simbolis kepada 5 wakil penerima. Adapun dukungan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diserahkan berupa 600 paket olahan ikan yang terdiri dari 600 pcs tas Ayo Makan Ikan, 600 pack Abon ikan, 600 pack bandeng presto, 600 pack baby fish, 600 pack pelut goreng, 1 rim flyer manfaat ikan, dan 3.000 pcs face masker Ayo Makan Ikan.

BACA JUGA: 3 Dampak Sanitasi Buruk buat Anak selain Stunting

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera melalui peningkatan konsumsi ikan masyarakat," tutur Budhy.

Budhy yang didampingi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin, menegaskan bahwa di saat pandemi Covid-19, kandungan gizi yang terdapat dalam ikan bisa berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa mencegah dari serangan virus corona.

"Bersama Pak Tb Mulyana melalui acara gemar maka ikan saya mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan, karena ikan merupakan sumber gizi dan protein dengan harga terjangkau," tandas Budhy.

"Saya juga mengapresiasi Pak Tb Mulyana yang akan membawa program gemar makan ikan ini di Kabupaten Cianjur secara kontinue untuk mencegah dan mengurangi angka stunting di Kabupaten Cianjur," imbuh dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)