Baliho Ditutup Gambar Forkopimda, Bakal Calon Bupati Cianjur Sewot

Rabu 22 Januari 2020, 06:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bakal calon (Balon) Bupati Cianjur, dr Cecep Wahyudin, sewot. Gara-garanya, alat peraga sosialisasi yang dipasang relawan Sahabat Muda DC di perempatan Jalan Warungkondang, tiba-tiba ditutup baliho milik Pemkab Cianjur tanpa pemberitahuan.

Padahal, pemasangan baliho milik pengusaha muda tersebut resmi berbayar karena sudah didaftarkan ke Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah. Bahkan, masa berlakunya pun berakhir pada Maret 2020. 

dr Cecep bersama timnya mendatangi lokasi pemasangan baliho, Rabu (22/1/2020). Mereka pun membuka kembali baliho yang menutupi alat peraga sosialisasi.

"Jadi, ini (alat peraga sosialisasi) yang pasangnya relawan Sahabat Muda DC. Relawan ini anak-anak milenial yang mendukung saya. Kemarin saya dapat laporan, kalau baligo yang dipasang diganti," kata Cecep kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Para relawan itu, lanjut Cecep, heran dengan penggantian media baliho tersebut. Pasalnya, mereka telah membayar pajak reklame. "Bayar pajak sewanya sampai Maret," tegas Cecep.

dr Cecep menyayangkan terjadi penggantian reklame itu tanpa pemberitahuan. Cecep pun mengendus penggantian reklame itu terkesan ada unsur politis menghadapi Pilkada Kabupaten Cianjur.

"Saya berikan motivasi kepada para relawan agar tetap bersemangat. Jangan sampai redup perjuangan mereka," ucapnya.

Dia menuturkan, alat peraga sosialisasi berukuran 6x4 meter tersebut sudah dipasang sejak 20 Desember 2019. Masa durasinya berlaku selama tiga bulan dan berakhir pada Maret 2020 melalui jasa advertising Bento Kreasi Mandiri senilai Rp 9,5 juta. 

"Saya melihat, tensi politik di Cianjur sekarang mulai menghangat. Saya berharap, menghadapi pesta demokrasi ini tidak ada istilah jegal-menjegal secara sistematis, terstruktur, dan masif," tegas Cecep.

Berdasarkan penelusuran, baliho dr Cecep Wahyudin dengan tagline "Ini Calon Bupatiku" tersebut dipasang melalui vendor Bento Kreasi Mandiri. Namun, ternyata papan reklame tersebut milik PT Prospek Citra Adi Satria kepunyaan Liem Satria Nugroho asal Bandung.

Pihak Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cianjur pun menegaskan bahwa pihak Bento Kreasi Mandiri tidak terdaftar pembayar pajak reklame untuk baliho di Warungkondang.

"Pemilik space iklan itu PT Prospek Citra Adi Satria asal Bandung, setelah kami cek pihak PT Prospek mengaku tak pernah ada kerja sama dengan vendor Bento Kreasi Mandiri," ujar Sekretaris Bappenda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda.

Menurut Gagan, setiap pemilik tiang atau space iklan diharuskan melapor dan membayar pajak reklame. "Pihak PT Prospek terakhir bekerja sama dengan CV Alif untuk pemasangan baligo reklame di Warungkondang, setelah itu belum ada kerja sama lagi," tutur Gagan.

Gagan menganggap posisi space reklame di Warungkondang itu kosong sehingga digunakan pemerintah untuk sosialisasi pembangunan. "Kalau sosialisasi pemerintah itu dalam aturannya tidak bayar," tegas Gagan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)