Pemilu AS, Televisi Hentikan Peliputan Pidato Donald Trump

Jumat 06 November 2020, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah stasiun televisi pada Kamis, 5 November 2020 menghentikan peliputan kemunculan Presiden Donald Trump dihadapan publik untuk pertama kali sejak malam pemilu pada 3 November 2020 lalu. Keputusan itu diambil setelah menilai kalau Presiden Trump telah menyebarkan disinformasi. 

Dikutip dari Tempo.co, dalam pidatonya selama 17 menit, Trump melontarkan banyak klaim yang menghasut dan tidak berdasar.

Pengusaha properti itu berkeras kalau politikus Partai Demokrat telah menggunakan suara tidak sah untuk mencuri pemilu AS darinya.

Dalam pemilu AS 2020, Partai Demokrat mengusung Joe Biden, yang merupakan mantan Wakil Presiden AS pada era Presiden Barack Obama. menjawab tudingan Trump itu, Biden melalui Twitter mengatakan tak ada seorang pun yang akan merebut demokrasi dari pihaknya, tidak sekarang, tidak pula selamanya.    

"Amerika sudah berjalan terlalu jauh, bertarung terlalu banyak di medan pertempuran dan menanggung beban terlalu banyak untuk membiarkan ini semua terjadi," kata Biden.

Sementara itu, Presiden Trump tampak mencoba mengendalikan kondisi di negaranya sehari setelah perhitungan suara sementara mengungkap posisinya di negara bagian Pennsylvania dan Georgia, yang merupakan salah satu medan pertempuran penentu, tak mendapat cukup suara untuknya. 

"Ok, kami dalam posisi tidak biasa. Bukan hanya untuk menginterupsi Presiden Amerika Serikat, namun juga untuk mengkoreksi presiden," kata pembawa acara dari stasiun televisi MSNBC, Brian Williams, yang segera mengakhiri peliputan.       

NBC dan ABC News juga menarik diri dari peliputan mereka soal Trump. Koresponden ABC, Jonathan Karl, mengatakan tidak ada bukti atas tuduhan suara illegal.  

"Tampaknya dia (Trump) frustasi karena perhitungan suara ini lama. Padahal memang memerlukan waktu untuk perhitungan suara, khususnya dalam pemilu kali ini (kondisi Covid-19)," kata Karl.  

Sedangkan CNN memilih tetap menyiarkan berita tentang pidato Trump itu. Namun pemberitaan itu dilengkapi keterangan ‘tanpa bukti, Trump mengaku sedang dicurangi’.       

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No