Covid-19 Menginfeksi Kucing Peliharaan di Inggris

Jumat 31 Juli 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Departemen Lingkungan, Pangan dan Urusan Pedesaan, serta Badan Kesehatan Hewan dan Tanaman Inggris mengumumkan bahwa seekor kucing peliharaan dinyatakan positif mengandung SARS-CoV-2, yang menjadi penyebab infeksi Covid-19 pada manusia.

Dilansir dari tempo.co, kasus itu dikonfirmasi menandai kasus pertama kali seekor hewan di negara itu tertular virus corona.

"Tapi belum ada bukti yang menunjukkan hewan itu terlibat dalam penularan penyakit kepada pemiliknya atau hewan peliharaan dapat menularkan virus kepada manusia," kata pejabat setempat, seperti dikutip laman Fox News, Rabu, 29 Juli 2020.

Kucing tersebut kemungkinan tertular virus dari pemiliknya, yang pada satu titik dinyatakan positif Covid-19. Kucing dan pemiliknya sejak itu telah pulih, dan tidak ada hewan atau orang lain di rumah pemiliknya yang terjangkit virus.

Kasus ini pertama kali diidentifikasi setelah dokter hewan swasta mendiagnosis kucing itu dengan virus herpes kucing, yang menurut para pejabat adalah infeksi pernapasan umum pada kucing. Namun, sebagai bagian dari program penelitian, sampel yang sama juga diuji untuk virus corona baru dan akhirnya positif.

Pejabat di laboratorium Badan Kesehatan Hewan dan Tanaman di Weybridge mengkonfirmasi hasilnya pada 22 Juli. "Ini adalah peristiwa yang sangat langka dengan hewan yang terinfeksi dan terdeteksi hingga saat ini hanya menunjukkan tanda-tanda klinis ringan dan pulih dalam beberapa hari," kata Kepala Petugas Veteriner Christine Middlemiss dalam sebuah pernyataan.

Sementara, direktur medis di Public Health England, Yvonne Doyle, mengatakan kasus itu seharusnya tidak menjadi alasan untuk khawatir. "Penyelidikan terhadap kasus ini menunjukkan bahwa infeksi menyebar dari manusia ke hewan, dan bukan sebaliknya. Saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan penyakit kepada manusia," ujar dia.

Sejak pandemi dimulai, ada berbagai laporan tentang kucing--baik peliharaan maupun liar--tertular virus dari manusia, anjing-anjing di Amerika juga telah dites positif terkena virus. Sementara seekor harimau di Kebun Binatang Bronx di New York dinyatakan positif virus corona pada awal April setelah kemungkinan terpapar oleh pekerja yang terinfeksi.

Kemudian, pada bulan yang sama, dua kucing di New York menjadi hewan peliharaan pertama di Amerika yang dinyatakan positif. "Sejalan dengan saran umum tentang memerangi virus corona, masyarakat diminta untuk tetap mencuci tangan secara teratur, termasuk sebelum dan setelah kontak dengan hewan," tutur Doyle.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM) pada Mei menemukan bahwa kucing dapat menularkan virus corona satu sama lain, bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala. Penelitian ini melibatkan enam kucing, tiga di antaranya diinokulasi dengan SARS-CoV-2.

Tiga kucing lainnya kemudian diinokulasi, setiap kucing yang sehat ditempatkan di kandang dengan salah satu kucing yang terinfeksi untuk menilai apakah penularan virus melalui kontak langsung akan terjadi di antara kucing. Segera setelah itu, virus terdeteksi pada ketiga kucing yang sebelumnya tidak terinfeksi, yang ditunjukkan tes usap hidung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menawarkan panduan kepada pemilik hewan peliharaan di tengah pandemi, yang menyarankan setiap pemilik yang sakit untuk membatasi kontak dengan hewan peliharaannya. "Sama seperti yang Anda lakukan dengan manusia hingga Covid-19 dipahami dengan lebih baik," kata CDC.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi