Menu

29 Mei 2020, 04:00 WIB

WHO Bikin Yayasan untuk Perangi Virus Corona

Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus. | Sumber Foto:Christopher Black/WHO/Handout via REUTERS

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan tersebut nantinya digunakan untuk mengatasi kesulitan keuangan saat WHO memerangi pandemik virus corona.

Dilanisr dari tempo.co, pembentukan yayasan WHO Foundation itu disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, secara virtual. Dalam keterangannya Ghebreyesus menolak kalau penbentukan yayasan itu terkait masalah pendanaan yang baru-baru ini terjadi. Ghebreyesus meyakinkan rencana ini sudah disusun dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebelumnya telah mengancam akan menghentikan sementara pendanaan dari Amerika Serikat ke WHO karena kecewa dengan cara WHO menangani pandemik virus corona dan menuding WHO terlalu Cina-sentris. Selama ini negara Abang Sam itu adalah negara pendonor WHO terbesar.

Dalam sepucuk surat yang dilayangkan kepada Ghebreyesus akhir pekan lalu, Trump menyerukan agar WHO melakukan reformasi dalam tempo 30 hari ke depan.

Dalam sebuah acara jumpa pers, Ghebreyesus mengatakan lembaga yang dipimpinnya sudah memperingatkan berulang kali dalam beberapa tahun terakhir soal sebuah pandemik. Banyak negara telah mengidentifikasi kesenjangan dalam hal persiapan dalam memerangi virus corona, namun pendanaan memang belum terwujud.

“Mendanai rencana-rencana ini dan memastikan negara-negara siap memerangi virus corona yang ada saat ini. Akan tetapi, bagaimana mendanai epidemik berikutnya yang mungkin terjadi karena kita masih rentan,” kata Ghebreyesus.    

Ghebreyesus mengingatkan anggaran tahunan pengeluaran WHO sekitar US$ 2,3 miliar, di mana jumlah tersebut sangat kecil untuk sebuah lembaga dunia. Dia pun menyoroti sejumlah sumber pendanaan masih saat tidak jelas.

Yayasan atau WHO Foundation dibentuk sebagai sebuah lembaga independen yang memberikan dukungan penuh kepada WHO dalam upaya menyasar tantangan-tantangan kesehatan global dengan menggalang dana dari sumber-sumber non-tradisional.

WHO Foundation didirikan oleh Thomas Zeltner, mantan Menteri Kesehatan Swiss. Dia berharap bisa mendapatkan uang sumbangan dari kalangan borjuis serta perusahaan-perusahaan dan masyarakat umum.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif menjelaskan, penangkapan keempat pelaku tersebut merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi Polres Sukabumi bersama Polda Metro Jaya. Pertama kali polisi mengamankan pelaku berinisial...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Vivick Tjangkung, mengatakan proses hukum kepada tiga pilot pakai sabu akan berjalan setelah hasil assessment keluar dan mereka...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji kemampuan timnya menghadapi tekanan untuk mempertahankan keunggulan 2-1 mereka melalui gol-gol Ferland Mendy dan Karim Benzema di babak pertama saat bertandang...

SUKABUMIUPDATE.com - Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Prancis guna menindaklanjuti jenazah Francois Abello Camille alias Frans (65). Dilansir dari suara.com, kekinian jenazah tersangka kasus pemerkosaan terhadap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya