Tur Virtual ke Masjid Agung Sheikh Zayed: 82 Kubah 1.000 Pilar

Minggu 17 Mei 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Abu Dhabi membuka layanan tur virtual selama wabah corona. Wisata daring bernama StayCurious ini menghadirkan sejumlah destinasi wisata di Abu Dhabi yang kerap dikunjungi wisatawan.

Dilansir dari tempo.co, salah satu objek wisata yang juga tempat ibadah yang termasyhur di Abu Dhabi adalah Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid ini terkenal karena memiliki 82 kubah marmer dan berdiri kokoh dengan 1.000 pilar. Di pelataran masjid terdapat empat menara setinggi 107 meter.

Mengutip Lonely Planet, Masjid Agung Sheikh Zayed kerap dikunjungi turis mancanegara karena memiliki kemegahan dan taman. Seperti namanya, masjid dengan desain arsitektur Islam modern tersebut dibangun atas gagasan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden pertama Uni Emirat Arab.

Kemilau Masjid Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 29 Desember 2018. Masjid Sheikh Zayed di inspirasi oleh pengaruh arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko). Dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih. REUTERS/Suhaib Salem

Di area masjid itu terdapat tempat peristirahatan terakhir Sheikh Zayed yang meninggal pada 2004. Tur virtual StayCurious memungkinkan wisatawan daring untuk menelusuri Masjid Agung Sheikh Zayed dengan tampilan 360 derajat. Terlihat lebih dari 90 ribu ton marmer putih digunakan untuk membangun masjid itu.

Masjid Agung Sheikh Zayed juga dihiasi lazuardi, akik merah, batu kecubung, abalon, jasper, dan mutiara. Bangunan masjid itu memiliki kesan kontemporer dan inovatif. Salah satu fasilitas yang mengesankan adalah karpet besar berbahan kapas dan wol.

Desain motif arabesque yang rumit dikerjakan 1.200 perajin selama dua tahun. Sebagian untuk rajutan benang wol luasnya hampir 5.700 meter persegi di atas dasar kapas. Karpet itu dianggap yang paling luas di dunia.

Suasana saat wisatawan mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed, di Abu Dhabi, UEA. Pengunjung selain agama Muslim diperbolehkan mengunjungi masjid ini dengan mengikuti sejumlah peraturan yang ada. Wikimedia.org/Sean Mendis

Selain menikmati tur virtual ke Masjid Agung Sheikh Zayed, wisatawan daring juga bisa mampir ke pameran seni daring hingga konser di Abu Dhabi, Menurut DCT, situs web menarik 300 pengunjung pada pekan pertama dan wisatawan menjelajah hampir 15 situs.

"Kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus mengenalkan seperti apa itu Abu Dhabi," kata Direktur Pemasaran Destinasi DCT Saeed Rashed Al Saeed, seperti dilaporkan CNN. Saeed berharap wisatawan yang telah menikmati tur virtual ini bisa berkunjung langsung ke Abu Dhabi di masa mendatang.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI