Menu

28 Jan 2020, 06:00 WIB

Virus Corona Wuhan Terdeteksi di 14 Negara, Ini Daftar Lengkapnya

Ilustrasi tes darah untuk mengetahui pasien terinfeksi virus corona (coronavirus) atau tidak. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Virus Corona Wuhan atau 2019-nCoV sudah menginfeksi lebih dari 2.000 orang di China, dengan 80 di antaranya meninggal dunia. Sempat hanya dikira ancama lokal, nyatanya virus corona ini sudah menyebar ke berbagai negara-negara di dunia. Ini daftar negara terinfeksi virus corona.

Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional China, Li Bin, mengatakan risiko virus menular ke negara-negara lain meningkat karena tingginya penduduk China yang pergi ke luar negeri jelang Tahun Baru Imlek.

"Kami melihat adanya kemungkinan virus bermutasi dan menyebar lebih jauh," ujar Li Bin, dilansir Reuters, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan catatan WHO, hingga kini sudah ada 54 orang positif mengidap virus corona Wuhan yang tersebar di 14 negara. Kabar baiknya, belum ada laporan terkait korban meninggal karena virus corona di luar China.

Berikut ini daftar negara yang sudah mendeteksinya adanya virus corona:

Thailand: 8 kasus

Hong Kong: 8 kasus

Amerika Serikat: 5 kasus

Macau: 5 kasus

Taiwan: 4 kasus

Australia: 4 kasus

Singapura: 4 kasus

Malaysia: 4 kasus

Prancis: 3 kasus

Jepang: 3 kasus

Vietnam: 2 kasus

Korea Selatan: 2 kasus

Kanada: 1 kasus

Nepal: 1 kasus

Di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ditemukan kasus positif terinfeksi virus corona. 3 Orang suspect di RSUP Sanglah Bali, 1 orang di RSPI Sulianti Saroso Jakarta, dan 1 orang di RS Hasan Sadikin Bandung dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

Meski begitu, Ikatan Dokter Indonesia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun serta menjauhi kontak dengan hewan liar.

"Menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik. Caranya dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80 persen," tulis IDI.

 

Sumber : suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak misteri tersimpan di laut dalam, termasuk dengan para penghuninya. Paling baru, peneliti dibuat kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya. Para peneliti yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit travelers yang merasa khawatir dengan kesehatan mereka saat traveling karena ancaman virus corona baru atau Covid-19. Belum lama ini, sepasang penumpang pesawat di Australia diketahui rela...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya