Gaya Google Manjakan Karyawan, Ada Panjat Tebing Indoor dan Salon

Senin 13 Januari 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada berbagai cara sebuah perusahaan memberikan hiburan atau fasilitas untuk menyenangkan karyawan. Ada yang sering melakukan outbond agar tidak membuat stres para karyawannya. Ada pula yang mengajak secara berkala karyawan untuk menonton di bioskop. Perusahaan Google Asia Pasifik pun memiliki cara unik untuk memanjakan karyawannya di kantor.

Logo Google di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO | Gangsar Parikesit

Tempo dan sejumlah Googler –sebutan bagi karyawan Google- mendapat kesempatan blusukan ke kantor Google di Singapura pada pertengahan Desember 2019. Di kantor Google delapan lantai itu, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan kopi, karena Google menyediakan sejumlah warung kopi yang disebar di sebagian lantai.

Corporate Communication Manager Google Asia Pasifik Virginie Serre mengatakan fasilitas coffee shop tersebut disediakan untuk karyawan Google. Tak hanya itu, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut juga menyediakan sarapan dan makan siang bagi karyawannya. “Semua karyawan Google bebas mengambil makanan,” katanya pada Kamis 12 Desember 2019.

Ruang kebugaran bernama Energy Lab di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO | Gangsar Parikesit

Kopi dan urusan isi perut lain sudah sangat mudah didapat di kantor ini. Virginie menjelaskan fasilitas lain bagi Googler ialah gym alias pusat kebugaran. Ruang olahraga bernama Energy Lab bisa diakses kapan pun oleh karyawan Google. Bahkan, Google menyediakan instruktur atau pelatih kebugaran bagi karyawan yang berolahraga di Energy Lab.

Ruang kebugaran bernama Energy Lab di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO | Gangsar Parikesit

Tempo sempat mengunjungi ruang Energy Lab. Pelbagai alat olahraga seperti treadmill, barbel, berjajar di ruang tersebut. Bahkan, di pusat kebugaran itu juga terdapat kamar mandi untuk pria dan perempuan yang bisa digunakan setelah selesai berolahraga.

Untuk menjaga kebugaran, tutur Virginie, Google juga menyediakan tempat panjat tebing indoor yang terletak di lantai enam. Namun, Googler harus memesan lebih dulu untuk menggunakan fasilitas itu. “Nanti akan didampingi instruktur,” ujarnya.

Tempat panjat tebing di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO | Gangsar Parikesit

Virginie juga menunjukkan fasilitas lain untuk karyawan Google yakni kamar untuk tidur siang. Terdapat empat kasur di nap room seluas sekitar delapan meter persegi itu. Dari pantauan Tempo, ada empat kasur yang disusun bertingkat di ruangan itu. Untuk menjaga privasi saat tidur, ada pula tirai yang menutupi ruangan itu.

Ruangan tidur siang Googler di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO| Gangsar Parikesit

Tak jauh dari nap room terdapat Wellness Centre. Di kawasan itu terdapat dua ruang pijat dan satu salon. Pelbagai fasilitas itu juga bisa digunakan oleh Googler.

Anda hobi bermusik dan baca buku? Ada pula fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh karyawan Google yaitu studio musik dan perpustakaan. Keduanya terletak di lantai tujuh. “Untuk penggunaan studio harus pesan dulu,” kata Virginie.

Salah satu ruang bermain untuk karyawan Google di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO| Gangsar Parikesit

Bila masih mumet dengan pekerjaan, karyawan Google pun boleh menghabiskan waktu untuk main-main. Agar terhindar dari rasa jenuh saat bekerja, kata Virgine, Google juga menyediakan ruang bermain. Ruang bermain itu dilengkapi sejumlah alat permainan seperti meja tenis, meja biliar, video games, hingga dingdong yang bisa digunakan oleh Googler. Tentu saja semua itu gratis.

Aneka mainan yang disediakan untuk hiburan di salah satu ruang bermain untuk karyawan Google di kantor Google untuk Asia Pasifik di Singapura, 13 Desember 2019. TEMPO| Gangsar Parikesit

Virgine menjelaskan pelbagai fasilitas itu disediakan agar karyawan Google bisa bekerja maksimal. Saat ini ada sekitar 1.500 Googler yang berkantor di Singapura. “Kami ingin karyawan Google bisa fokus dengan pekerjaannya,” tuturnya.

Apakah kantor Anda juga memanjakan karyawannya dengan berbagai fasilitas mewah seperti yang dilakukan kantor Google Asia Pasifik ini?

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist