Perdana Menteri Israel Didesak Mundur

Sabtu 23 November 2019, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Seruan agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mundur pada Jumat, 22 November 2019, semakin kencang. Beberapa pejabat senior bahkan secara terbuka mendeklarasikan dukungan agar Netanyahu melepaskan jabatan menyusul sejumlah tanda keretakan loyalitas partai. 

Sebelumnya pada Kamis malam, 21 November 2019, Netanyahu berkeras tidak akan mundur dari jabatan perdana menteri Israel. Seruan mundur pada Netanyahu muncul setelah Jaksa Agung mengindikasikan Netanyahu melakukan dugaan suap, penipuan dan penyalah gunaan kepercayaan.    

Netanyahu, 70 tahun, yang berasal dari Partai Likud menyangkal seluruh tuduhan yang diarahkan padanya. Dia pun mengecam dakwaan yang diarahkan padanya dan menyebutnya sebagai upaya kudeta. 

Dikutip dari reuters.com, Partai Biru Putih yang diketuai lawan politik Netanyahu, Benny Gantz, mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyerukan agar Netanyahu segera mundur dari seluruh jabatan di pemerintahan. Partai Biru Putih mengatakan tim pengacara dari partai itu sudah secara resmi mendekati Perdana Menteri dan sejumlah jaksa agung mendesak agar Netanyahu mundur. 

Partai Biru Putih menguasai 33 kursi parlemen dari total 120 kursi, sedangkan Partai Likud 32 kursi.

Sebuah jajak pendapat yang siarkan televisi asal Israel, Channel 13, mengungkap sebanyak 56 persen masyarakat Israel sangat yakin Netanyahu tidak bisa lagi memimpin pemerintahan setelah terindikasi melakukan sejumlah kejahatan. Hanya 35 persen responden yang masih membolehkannya menjabat dan 9 persen lainnya memilih tidak tahu. 

Di bawah undang-undang Israel, Netanyahu tidak punya kewajiban untuk mundur sebagai Perdana Menteri. Namun mengingat Negara Bintang Daud itu akan melakukan pemilu ketiga kalinya dalam waktu kurang dari setahun, Netanyahu cepat atau lambat akan segera mendapati dirinya dalam posisi sulit untuk memenangkan pemilu, dimana saat yang sama dia bersiap untuk menjalani proses hukum.

Dua dari tiga kasus yang didakwakan pada Netanyahu adalah dia diduga membujuk bos-bos media agar memberitakan kebijakan-kebijakannya dan tindakannya secara pribadinya yang bagus-bagus. Netanyahu menyangkal tuduhan itu.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)