Menu

Jumat, 15 Maret 2019, 17:58 WIB

Korban Tewas Penembakan di 2 Masjid Selandia Baru Jadi 49 Orang

Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru. | Sumber Foto:Channel NewsAsia

SUKABUMIUPDATE.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menggambarkan penembakan massal di kota Christchurch sebagai sebuah serangan luar biasa dan belum pernah terjadi di negaranya.

"Untuk sementara ini saya belum bisa memberikan konfirmasi apa pun terkait korban jiwa dan kerugian. Yang bisa saya katakan bahwa jelas ini adalah salah satu hari paling gelap di Selandia Baru," kata Perdana Menteri Ardern, seperti dikutip dari globalnews.ca, Jumat, 15 Maret 2019.

Penembakan massal di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, terjadi pada Jumat siang, 15 Maret 2019 pukul 1.40 waktu setempat atau saat umat Islam selesai melaksanakan solat Jumat. Satu terduga pelaku, laki-laki usia 20-an, telah ditahan dan akan dibawa ke persidangan pada Sabtu pagi.

Jumlah korban tewas telah bertambah dari 40 orang menjadi 49 orang.

Ardern mengatakan mereka yang berada di masjid memiliki hak untuk melakukan praktik ibadah sebagai bagian dari kebebasan beragama. Mereka yang menjadi korban tewas mungkin adalah imigran atau pengungsi yang berlindung dan memilih Selandia Baru sebagai rumah mereka.

"Mereka adalah bagian dari kami. Para pelaku yang telah melakukan kekerasan terhadap kami, bukan bagian dari kami. Tidak ada tempat di Selandia Baru untuk tindakan ekstrim seperti ini dan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Ardern.

Ardern mengucapkan duka cita mendalam kepada semua pihak yang terdampak atas kasus penembakan massal ini. Sedangkan Kepolisian Selandia Baru mengimbau masyarakat agar tidak keluar rumah hingga situasi membaik dan melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan informasi mencurigakan. Wilayah Christchurch saat ini masih disterilkan.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Keluarga teroris penembakan di Christchurch, Selandia Baru, Brenton Tarrant, meminta maaf dan turut berdukacita kepada para korban. Keluarga mengatakan aksi Brenton tidak bisa diperbaiki. Dikutip dari laporan Sydney Morning...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu korban selamat menceritakan bagaimana dirinya mengalihkan perhatian teroris penembakan di Christchurch, Selandia Baru, agar menjauh dari masjid setelah menewaskan orang-orang di dalamnya. Dikutip dari Sky News, 16 Maret...

SUKABUMIUPDATE.com - Senator Queensland Australia, Fraser Anning, ditimpa telur oleh remaja selama pertemuan politik di Melbourne, karena menyalahkan Muslim atas teror penembakan di Christchurch, Selandia Baru. Dikutip dari abc.net.au, 16 Maret...

SUKABUMIUPDATE.com - Zulfirman Syah, seniman asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan anaknya menjadi korban dalam penembakan di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat, 15 Maret...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya